google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 10 DAMPAK BURUK NGEMIL BAGI KESEHATAN YANG TIDAK BANYAK DIKETAHUI - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

10 DAMPAK BURUK NGEMIL BAGI KESEHATAN YANG TIDAK BANYAK DIKETAHUI

Apakah 10 Dampak Buruk Ngemil Bagi Kesehatan yang tidak banyak diketahui ?


Gambar 1. 10 Dampak buruk ngemil bagi kesehatan
Semua orang menyukai kegiatan makan makanan kecil atau yang biasa kita sebut dengan Ngemil, baik orang dewasa, remaja, terlebh lagi bagi anak-anak. Umumnya kebiasaan ngemil dilakukan saat menunggu jam makan siang atau makan malam tiba.

Saat ini, banyak camilan yang dijual bebas yang memiliki rasa yang enak murah dan mudah unutuk di dapatkan baik yang dijual diwarung, pedagang keliling bahkan hingga Supermarket. Disana banyak sekali jenis camilan yang bisa kita peroleh dan pastinya membuat kita ingin ngemil lebih banyak.

Bahkan banyak orang yang akan ngemil hingga merasa kenyang, sehingga banyak diantara mereka yang meerasa tidak perlu makan lagi setelahnya. Sekilas, kegiatan ngemil hingga kenyang dan tidak makan itu adalah hal biasa.

Terkadang meskipun sudah makan malam, rasa lapar masih saja dirasakan di tengah malam oleh seseorang sehingga memunculkan keinginan untuk makan sesuatu, tetapi bukan makan makanan yang berat atau istilahnya adalah ‘ngemil’. 

Ngemil pada malam hari merupakan kebiasaan yang sering dilakukan sebelum tidur. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata hal ini tidak baik dilakukan untuk kesehatan. Apalagi jika kamu mengonsumsi makanan yang tergolong tidak sehat, tinggi kalori, atau tidak bergizi. Dari banyaknya bahaya ngemil malam bagi kesehatan, berikut enam di antaranya:

Cemilan adalah makanan kecil/ makanan ringan yang dikemas dalam bentuk dan rasa yang menarik & beragam. Kebiasaan ngemil adalah rutinitas mengkonsumsi makanan ringan diwaktu-waktu tertentu. 

Tapi pada dasarnya, semakin besar pendapatannya maka semakin besar pula cemilan yang mampu ia datangkan. Ini adalah hukum ekonomi. Berhubung karena penghasilan kami kecil, jadi segitu aja sudah lebih dari cukup bahkan orang dekat kamipun mengatakan bahwa dana segitu sudah tinggi hanya untuk ngemil aja.


10 Dampak Buruk Ngemil Bagi Kesehatan yang tidak banyak diketahui


Gambar 2. Berbagai jneis dan bentuk Camilan 
Dengan Pola makan yang baik, terukur dan teratur maka kita dapat mnghindari masalah pencernaan dan lai sebagainya, secara umum terdapat 10 dampak buruk ngemil bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui, namun dengan 

Padahal kenyataanya tidak demikian, jika diperhatkan lebih seksama ternyata ada banyak dampak yang ditimbulkan, berikut ini adalah 10 dampak buruk ngemil bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui ;

1. Gizi Tak Seimbang

Saat kita mengkonsumsi makanan camilan, sebenarnya tubuh akan membaca dengan pola yang sama saat kita makan makanan pokok lainnya, sehingga bisa menimbulkan rasa kenyang yang sam dengan makan biasa,  padahal kita harus makan makanan jenis lain untuk melengkapi kebutuhan gizi pada tubuh kita.

Maka sebagai dampaknya rasa kenyang yang kita rasakan saat mengkonsumsi camilan ini tidak akan sebanding dengan pasokan nutrisi dan giziz yang dibutuhkan oleh tubuh kita, selain itu akibat rasa kenyang yang kita alami.

Saat tubuh kita berhenti memproses pencernaan akibat rasa kenyang, maka 

2. Pola Makan Terganggu

Pada dasarnya tubuh kita memiliki mekanisme unik semacam siklus yang bergerak secara otomatis walau tanpa perinah dari kita, contohnya yaitu pada saat siang atau pada saat makan malam tanpa terasa perlahan naun pasti tubuh kita akan merasa lapar.

Dan dalam kondisi seperti ini maka tentu saja kita memerlukan makanan, namun jika anda memakan camilan apalagi dalam porsi yang banyak sesaat sebelum jam makan siang Anda, maka perut kita akan merasa kenyang, meski kita belum makan makanan utama, seperti nasi.

Jika sudah demikian kondisinya tentunya jadwal makan malam akan terganggu akibat melewatkan waktu makan kita (tidak makan), sebagai hasil akhirnya jadwal makan kita pun berantakan dan gizi yang diperlukan oleh tubuh pun tidak terpenuhi dengan baik.

3. Gangguan Kesehatan Berat

Makanan yang biaanya dijadikan sebagai menu camilan pada umumnya adalah makanan yang rendah gizi dan nutrisi, konsumsi makanan yang kurang gizi ini bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan, karena umumnya makanan camila dibuat kkkm 

Selain membuat pola makan terganggu dan membuat asupan gizi jadi tak seimbang, ngemil terlalu banyak juga bisa mengganggu kesehatan kita, karena makanan yang digunakan biasanya adalah jenis makanan yang dibuat dengan cara digoreng.

Hal ini tentu menyebabkan cemilan menjadi tinggi kandungan lemak dan gulanya. Nah, jika gula dan lemak ini selalu dikonsumsi secara berlebihan, maka tentu penyakit seperti diabetes dan obesitas akan menghampiri kita.

Selain itu, camilan juga biasanya tinggi kandungan garamnya, karena seperti yang kita ketahui, mengonsumsi garam secara berlebihan bisa menyebabkan beberapa penyakit, seperti hipertensi, kolesterol, hingga penyakit jantung.

4. Meningkatkan Berat Badan

Ketika kamu tidur dan tidak beraktivitas, sistem pembakaran tubuh menurun. Sehingga, makanan yang kamu konsumsi tidak akan dibakar dan akan disimpan sebagai lemak. Hal ini tentu memicu risiko berat badan kamu meningkat.

5. Diabetes Melitus

Seperti yang telah dijelaskan di poin pertama, bila ngemil malam sebelum tidur bisa menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh, khususnya perut. Lemak yang ada perut ini berbahaya, dan berhubungan dengan resistensi insulin yang mengganggu metabolisme gula. Tentunya hal ini bisa memicu munculnya diabetes mellitus atau penyakit gula darah.

6. Penyakit Lambung atau GERD

Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) atau arus balik asam lambung adalah penyakit yang sering terjadi karena kebiasaan makan dan langsung tiduran setelah makan. Perlu diketahui, jika lambung penuh dengan makanan dan posisi kamu tiduran, maka bisa membuat asam lambung mudah naik ke arah kerongkongan.

7. Mengganggu Kualitas Tidur

Aktivitas ngemil malam sebelum tidur bisa membuat tubuh bekerja untuk membakar kalori yang masuk dari makanan. Proses ini tentunya membuat kamu tidak bisa langsung tidur karena perut yang kekenyangan.

8. Penyakit Jantung

Adanya penumpukan lemak karena ngemil malam sebelum tidur berakibat menyumbat pembuluh darah jantung. Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, kejadian ini juga membuat kamu berisiko terkena serangan jantung.

9. Berpengaruh Pada Fungsi Otak

Kebiasaan ngemil di malam hari bisa juga memberikan pengaruh negative bagi kinerja otak khususnya dalam hal menyimpan memori dalam jangka panjang dan kemampuan berpikir kamu secara keseluruhan. 

Kebiasaan ngemil malam serta sering terlambat makan adalah salah satu pengganggu siklus tidur dan bangun. Selain itu, paparan cahaya di malam hari atau melakukan latihan kardiovaskular yang berat saat mendekati jam tidur, sebaiknya dihindari.

Bila kamu sangat ingin ngemil malam hari, ada baiknya menghindari mengonsumsi camilan yang tidak sehat dan menggantinya dengan buah-buahan seperti apel yang lebih sehat. Sebagai informasi, buah apel bisa membantu kamu tetap terjaga jika memang masih harus melakukan berbagai aktifitas di malam hari. 

10. Beresiko Kegemukan Dini.

Bila dari kecil saja, sudah diajari untuk sering-sering membeli cemilan bagaimana nanti ketika dia sudah besar. Sadarilah bahwa apa yang sudah diajari sejak kecil cenderung akan dibawa sampai mati. Dan seperti yang kami katakan tadi bahwa ada kecenderungan kebiasaan itu semakin tinggi intensitasnya. Baik dalam hal jumlah maupun dalam hal tempo yang lebih sering.

Lagipula terlalu sering membawa cemilan buat adek di rumah membuatnya terbiasa dan sehingga sambutannyapun kadang tidak ada lagi. Satu-satunya cara agar cemilan itu disambut dengan keseruan yakni dengan membawanya di waktu-waktu tertentu saja (tidak setiap hari).

Kami sudah dewasa dan suka ngemil terkendali dapat dimaklumi sebab kamipun sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Jadi tidak ada salahnya untuk menikmati hidup, hanya jangan sampai berlebihan. Bagi yang masih kecil-kecil lebih baik fokus belajar dulu deh, sebab perjalanan hidup dan perjuangan anda masih panjang.


Semoga Bermanfaat  ,, !!

No comments

Powered by Blogger.