google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 3 LATIHAN OTOT BICEP TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN DUMBELL BAGI PRIA - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

3 LATIHAN OTOT BICEP TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN DUMBELL BAGI PRIA

Bagaimanakah 3 Latihan Otot Bicep Terbaik Dengan Menggunakan Dumbell Bagi Pria ?

A. Makna Otot Bicep bagi kaum Pria

Bagi kaum Pria memiliki otot bicep yang besar, kuat dan berbentuk adalah sebuah keharusan, karena otot Bicep tersebut akan menambah kesan Macho dan menarik bagi siapapun yang melihatnya.

Untuk itu tidaklah mengherankan bila melatih otot bicep menjadi menu utama bagi pria dalam latihan fitness, baik di Gym maupun latihan dirumah.

Bahkan banyak diantara mereka yang melakukan latihan yang satu ini hampir setiap hari, walau sebenarnya hal itu beresiko bila dilakukan setiap hari.

B. Latihan Otot Bicep dengan Dumbell.

Terdapat berbagai macam jenis latihan Otot bicep yang dapat digunakan kaum pria, namun satu yang paling mudah dan praktis untuk dilakukan adalah dengan menggunakan alat yang bernama Dumbell.

Alat ini menjadi favorit latihan bagi kaum pria karena berbagai kelebihannya diantaranya adalah mudah didapat dan sangat efisien dalam penggunaannya.

C. Jenis latihan Otot Bicep menggunakan Dumbell.

Terdapat beberapa latihan Otot Bicep dengan menggunakan Dumbel, diantaranya, latihan tersebut mentargetkan bagian otot yang berbeda dan memiliki manfaat masing - masing.

Tiap latihan ini secara keseluruhan akan mempercepat pembentukan otot yang Anda harapkan, latihan tersebut yaitu ;

1. Bicep Dumbell Curl


Yaitu latihan bicep dimana posisi telapak tangan menghadap keatas dan agak miring (diagonal).

Latihan ini dilakukan khusus untuk membentuk otot Bicep yang bernama "Bicep Short Head Brachii" yang tugas utamanya adalah mengangkat beban yang berada dimuka tubuh kita.

2. Bicep Hammer Dumbell Curl
Merupakan latihan dimana posisi telapak tangan kita menghadap ke dalam dengan jempol tegak lurus ke atas.

Bila Anda rutin melakukan latihan ini maka artinya anda sedang melatih otot " Bicep Long Head Brachii", dimana otot ini sangat bermanfaat untuk menarik beban yang sangat besar.

3. Bicep Dumbell Concentrate
Gambar 1. Latihan Otot Bicep Dengan Menggunakan Dumbell

Gerakan yang dilakukan secara umum harus dilakukan sama dengan gerakan curl akan tetapi penyangga siku yang digunakan sebagai tumpuan ditiadakan.

Latihan yang satu ini paling banyak dilakukan, selain memberikan hasil yang optimal latihan Bicep Anda latihan ini juga dapat menguatkan sambungan tulang lengan & pundak.


Demikianlah beberapa jenis latihan otot Bicep yang dapat Anda lakukan, dengan melakukannya secara teratur dengan program yang baik dan dilakukan dengan wajar seperti seminggu 3x maka dipastikan hasil latihan akan menjadikan Otot Bicep Anda membesar dengan cepat.


D. Jenis Dumbell untuk Latihan otot Bicep

1. Dumbell ringan 1 - 10 kg




2. Dumbell Menengah (5-50kg).


Dengan menggunakan Dumbell yang tepat maka Anda bisa mendapatkan hasil yang ingin Anda capai, 

Hal yang perlu diingat adalah apabila Anda melakukan latihan angkat beban lebih berat dari kemampuan Anda semestinya, maka resiko cidera otot serius dapat terjadi sewaktu - waktu, oleh karena itu diperlukan saran dan konsultasi dengan pelatih fitness yang Anda kenal terlebih dahulu.

3. Dumbell Berat (50 - 100 kg).



Bagi Anda yang sudah menekuni Body Builder, setelah bertahun - tahun berlalu maka tentu akan sering sekali menggunakan alat yang satu ini.

Hanya mereka yang benar - benar menekuni Binaraga yang sanggup mengangkat beban ini dan menjadikannya sebagai alat latihan rutin.



Selain itu mengingat alat ini sangat besar dengan bobot yang sangat berat maka demi keamanan latihan maka di wajibkan berlatih dengan menggunakan pelatih pembimbing.

Tujuannya adalah untuk menahan beban sewaktu - waktu terjadi penyimpangan arah pada saat dumbell diangkat atau meleset dari target latihan. 

Berhati - hatilah karena banyak orang yang sudah mengaami cidera akibat pola latihan yang mengabaikan standar keamanan.


Semoga bermanfaat .. !!

No comments

Powered by Blogger.