google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 10 PANDUAN SEDERHANA SENAM STEP MUDAH BAGI PEMULA - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

10 PANDUAN SEDERHANA SENAM STEP MUDAH BAGI PEMULA

Apa saja 10 Panduan Sederhana Senam Step Mudah bagi Pemula ?


Senam step yang merupakan jenis senam yang dikenal luas memiliki intensitas latihan yang tinggi, oleh karena itu diperlukan persiapan yang baik dan rinci sebelum anda memutuskan untuk memulainya.

Hal ini perlu dilakukan agar anda bisa mendapat keuntungannya semaksimal mungkin tanpa sama sekali khawatir dengan dampak negatif yang tidak anda inginkan, seperti hasil yang tidak maksimal atau bahkan resiko cidera.

Senam ini terdiri dari banyak level dan variasi gerakan, namun jauh sebelum membahas soal itu maka akan leih baik juka kita memulai latihan ini dengan pembahasan seputar persiapan yang harus dilakukan khususnya bagi pemula. 

Baca juga : Sejarah Peristiwa Cidera Gin Miller Penemu Senam Step Dunia

10 Panduan Sederhana Senam Step Mudah bagi Pemula

Dengan menggunakan 10 Panduan Sederhana Senam Step Mudah bagi Pemula ini maka anda akan dengan mudah mengikuti senam Step ini dan akan membuka pengalaman yang baru bagi anda.

Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui Panduaninin, berikut ini adalah 10 Panduan Sederhana Senam Step Mudah bagi Pemula yang dapat Anda gunakan dalam memulai program latihan senam Step ini yaitu ;

1. Dengarkan Kondisi Tubuh Anda

Siapapun Anda maka sebaiknya Anda harus mengetahui kondisi keadaan fisik andadan  dan tingkat kesehatan anda pada hari itu, jika saat itu Anda merasakan kondisi tubuh anda kurang fit atau bahkan sakit pada saat berjalan misalnya.

Maka sudah seharusnya Anda melaporkan kondisi ini kepada pelatih senam anda, karena dengan pengetahuan yang dimilikinya , mka ia akan memutuskan apakah anda dinyakan layak atau tidak untuk mengikuti senam pada hari itu.

Ingat jangan memaksakan kehendak, karena biasanya sang instruktur akan memberikan peringatan jika memang kondisi ini terjadi pada klien mereka dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya anda beristirahat.

Bila esok atau lusa anda pulih maka anda bisa melanjutkan latihan  ini kembali tanpa masalah, dan sebaliknya jika masalah kesehatan anda memburuk maka sebaiknya segera berobat ke dokter langganan anda.

2. Minta saran Pendapat Pelatih senam.

Jika Anda ingin yakin dengan pilihan latihan yang ingin anda tekuni, termasuk dalam menentukan Senam Step ini, maka tidak ada salahnya jika anda berdialog terlebih dahulu dengan pelatih senam step yang menjadi pelatih anda hari itu.

Karena pada dasarnya Pelatih Anda akan memberikan saran yang terbaik dalam membimbing Anda melakukan senam step yang aman dan berkualitas, yang sesuai dengan kapasitas dan target yang ingin anda capai.

3. Gunakan Sepatu dengan alas kaki yang lembut

Senam ini memiliki intensitas yang tingi karena untuk melakukannnya anda diwajibkan untuk naik dan turun papan step, hal ini tentu menimbulkan tekanan dan benturan yang tinggi pada semua bagian tulang anda.

Dan khususnya pada bagian kaki anda akan mengalami benturan dan tekanan yang hebat karena gerakan naik turun yang dilaukan akibat perbedaan permukaan lantai dan papan step dalam senam ini.

4. Gunakan Pakaian yang nyaman 

Senam ini seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya merupakan jenis senam yang sangat tinggi intensitasnya, maka latihan ini seringkali membuat semua peserta berkeringat bahakn hingga mencapai tingkat maksimal.

Untuk itu sudah seharusnya anda mempersiapkan pakaian ganti yang dapat ada gunakan saat berlatih senam ini, ketika anda memasuki thaapan senam inti, biasanya intensitas latihan akan sangat tinggi dan saat itulah anda bisa mengganti pakaian.   

5. Pilih latihan khusus tingkat Pemula

Jika semua hal diatas sudah anda persiapkan dan anda siap untuk memulai senam ini maka hal yang selanjutnya bisa anda ajukan pada instuktur anda adalah meminta jenis senam khusus untuk kalangan pemula.

Hal ini penting karena sama pentingnya dengan menghindari cidera yang bisa anda alami akibat melakukan latihan senam yang terlalu berat diluar batas kemampuan Anda misalnya, maka untuk amannya sebaiknya mintalah jenis gerakan senam yang paling dasar.




6. Minta Kecepatan Musik untuk senam pemula.

Dalam senam Stepp ternyata kecepatan gerakan ditentukan oleh kecepatan musik yang dipilih untuk mengiringi senam tersebut, oleh karena itu untuk menghindari cidera dan kejadian yang tidak diinginkan.

Maka sebaiknya mintalah pada instruktur anda untuk mengatur kecepatan musik agar bisa sesuai dengan kondisi anda sebagai pemula,karena semakin cepat kecepatan musik yang ada, maka semakin sulit gerakan untuk diikuti.  

7. Lakukan Latihan Pemanasan

Nah yang satu ini berlaku untuk  semua jenis latihan fisik, baik pada senam maupun jenis latihan olahraga lainnya, karena dalam ilmu olahraga dengan melakukan latihan pemanasan maka latihan anda akan semakin anda akan menjadi aman.

Penyebabnya adalah karena dengan melakukan serangkaian latihan pemanasan yang baik maka kapasitas jantung anda untuk mengikuti latihan senam step yang memiliki intensitas tinggi ini akan semakin mudah.

8. Lakukan Peregangan juga wajib dilakukan 

Nah latihan yang satu ini seringkali dilewatkan pada saat latihan, karena sebenarnya gerekan pregangan sangat vital untuk dilakukan dalam segaa jenis latihan fisik, termasuk dalam latihan senam step ini.

Dalam senam ini latihan pereganngan memiliki fungsi sebagai cara untuk memeriksa kondisi jangkauan gerakan (Range Of Motion) semua Otot dan juga merangsang inerja syaraf yang merinterkasi dengan mekanisme tulang Anda. 

9. Fokus & konsentrasi

Alasan mengapa seseorang bisa sampai mengalami sebuah peristiwa yang tidak menyenangkan seperti jatuh saat berolahraga misalnya adalah karena mereka kurang fokus saat mereka melakukan kegiatan olahraga.

Hal ini dipicu karena mereka masih memperhatikan hal lain selain olehraga yang sedang mereka lakukan tersebut, misalnya saat mereka berkomunikasi dengan telepon selular mereka, atau saat mereka sedang berbicara dengan orang lain

Maupun juga saat mereka sedang sibuk melihat acara berita yang mungkin sedang tayang di TV di sekitar mereka, kondisi ini bisa juga terjadi pada saat anda melakukan latihan senam step, oleh karena itu waspadalah

10. Evaluasi Hasil Latihan

Setelah senam selesai dilakukan tidak ada salahnya jika anda mengukur kemampuan anda dengan meminta hasil evaluasi dari latihan step yang baru saja selesai anda lakukan kepada instruktur anda.

Selain bertanya anda juga bisa merekam semua kegiatan latihan yang sedang anda lakukan dengan kamera video anda miliki di HP Android anda, karena hal ini juga bisa dijadikan barometer yang baik untuk melakukan peningkatan latihan yang akan datang, 

Demikianlah 10 Panduan Sederhana Senam Step Mudah bagi Pemula yang dapat Anda coba, jangan ragu karena cara ini adalah standar yang banyak diterpkan di berbagai Studio Senam didunia.



No comments

Powered by Blogger.