google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 11 GERAKAN DASAR SENAM STEP KHUSUS TINGKAT PEMULA - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

11 GERAKAN DASAR SENAM STEP KHUSUS TINGKAT PEMULA

Seperti Apa 11 Gerakan Dasar Senam Step Khusus Tingkat Pemula ?


Senam Step adalah senam yang menggunakan paapn step sebagai alat utama lattihan, senam yang dimulai dari dera 80-an ini merupakan senam yang sangat populer saat ini didunia.

Gin Miller sebagai Penemu senam step menciptakan berbagai gerakan dasar senam step yang sebenarnya ia gunakan sebagai alat untuk merehabilitasi cidera lutut yang dialaminya sebelumnya.

Ia mengemas semua gerakan latihan yang ia dapatkan dari terapinya dan memodifikasikannya menjadi sebuah jenis senam yang baru yang menggunakan papan step sebagai media latihannya.

Baca juga : 10 Panduan Sederhana Latihan Senam Step Mudah Bagi Pemula.

11 Gerakan Dasar Senam Step Khusus Tingkat Pemula

Untuk memahami senam ini maka kita wajib mengetahui gerakan dasar yang ada dalam senam ini oleh sebab itu yang perlu anda ketahui adalah 11 gerakan dasar Senam Step khusus tingkat pemula.

Dengan mengetahui gerakan dasar ini anda dapat melatih kemampuan anda dan setidaknya membutuhkan waktu hingga 8 sesi latihan agar menjadi mahir, jadi berikut ini adalah penampakan 11 gerakan dasar Senam Step khusus tingkat pemula :

1. Gerakan Langkah Dasar (Basic Step)

Dari semua gerakan senam step untuk tingkat pemula ini maka gerakan latihan yang paling dasar adalah gerakan yang bernama Langkah Dasar atau yang lebih dikenal denngan sebutan Basic Step.

Gerakan Basic Step adalah gerakan yang paling mudah yang dapat kita pelajari, bentuknya adalah gerakan berupa naik papan step dan dilanjutkan dengan gerakan turun dari papan step.    

2. Gerakan Angkat Lutut (Knee Up)

Gerakkan Angkat Lutut (Knee Up) adalah gerakan yang kedua yang dapat kita lakukan dalam senam ini, Gerakan ini sangat mudah yang perlu anda lakukan adalah hanya menginjak papan latihan step.

Lalu pada saat yanng bersamaan saat kaki anda berada dipapan step dilanjutkan dengan mengangkat kaki anda yang lain sehingga posisi lutut setingkat dengan pinggul dengan mengikuti ketukan musik.

Lalu dilanjutkan dengan menurunkan kaki yang tadi diangkat dan dilanjutkan dengan mengangkat kaki yang lain ke papan step dan dilanjutkan dengan gerakan yang sama pada bagian kaki yang lain.    

3. Gerakan Pengulangan 3 kali (3 Repeater)

Gerakan selanjutnya dalah gerakan pengulangan (Repeater), gerakan ini sama halnya dengan gerakan sebelumnya yaitu gerakan angkat Lututu (Knee Up) namun yang berbeda adalah bahwa gerakan angkat kaki yang dilakukan akan diulangi hingga 3 kali.

Dan dilanjutkan dengan pola gerakan yang sama untuk gerakan kaki yang lainnya, selanjutnya gerakan ini digunakan seorang pelatih senam sebagai gerakan perpindahan dari sisis kana n dan berganti menjadi sisi kiri atau sebaliknya.

4. Gerakan Huruf - V (V Step)

Gerakan membuka kaki (Straddle Step) mungkin terdengar aneh, namun gerakan ini merupakan gerakan yang cukup menarik untuk dicoba, Gerakan membuka kaki (Straddle Step) ini dimulai dengan posisi kaki yang saling berdekatan dilantai pada awalnya. 

Selanjutnya kaki sebelah kanan menginjak papan step dan dilanjutkan dengan kaki kiri namun kali ini posisi kaki agak terbuka lebar sehingga jika dilihat dari atas maka akan membentuk pola huruf V.

5. Gerakan Melewati Papan Step (Over The Top)

Gerakan yang satu ini cukup menguras tenaga , dimana gerakan melewati papan Step (Over The Top) merupakan serangaian gerakan yang dilakukan dengan cara melewati papan step pada satu arah misalnya pada sisi kanan.

Dan dilanjutkan dengan gerakan berputar dan kembali melompati papan stem dengan arah sebaiknya, sehingga dalam serangkaian gerakan dapat digasilkan 2 kali pengulangan gerakan melewati papan step ini. 

6. Gerakan Huruf - L (L - Step)

Jika tadi kita melakukan V Step maka  sekarang kita lakukan gerakan huruf - L (L - Step) dimana gerakan ini memang membentuk huruf "L" sehingga yang perlu dilkukan adalah serangkaian gerakan.

Dimulai dari kaki kanan menginjak papan step lalu dilanjutkan dengan kaki yang lain menginjak papan yang sana dan dilanjutkan kaki kanan bergerak ke samping kanan turun ke lantai yang berada di sebelah kanan dari posisis papan dan diikuti kaki kiri.

Selanjutnya saat posisi kedua kaki berada disamping kanan papan step lalu dilanjutkan dengan kaki kiri terlebih dahulu menginjak papa step diikuti kaki kanan, lalu kemudian keki kiri kembali ke posisi awal diikuti kak  kanan kembali keposisi awal.

Sama halnya dengan gerakan Pengulangan 3 kali (3 Repeater) gerakan L step biasa digunakan instruktur untuk mengubah pola gerakan yang pada awalnya berada di posisi kanan menjadi kiri yang biasa disebut dengan gerakan otomatis (Bearing Step) .

7. Gerakan Mundur Kebelakang (Walk Back Step)

Berikutnya dalah gerakan mundur ke belakang (Walk Back Step), seperti namanya gerakan ini awalnya menginjak appa step terlebih dahulu dan selanjutnya kedua kakai turun ke lantai lalu mundur ke belakang.

kemudian saat dilantai anda melangkah (berjalan) ke belakang satu langkah dan kembali kedepan satu langkah dan kembali ke posisi semula.

8. Gerakan Langkah Kecil (Baby Step)

Gerakan ini juga merupakan gerakan otomatis dan gerakan ini cukup unik karena Gerakan Langkah Kecil (Baby Step) ini seakan-akan menginjak papa step tapi sebenarnya tidak benar-benar menginjaknya, tetapi hanya menyentuhnya sedikit sebanyak 2 kali.

Tapi pada sentihan yang ke 3 kaki benar-benar menginjak papan step dan kaki kita yang lain menekuk kebelakang dan gerakan yang sama diawali dengan 2 ketukan menyentuh papan lalu pada ketukan ke 3 kaki menginjak papan step dengan kaki yang lain

9. Gerakan Langkah Sudut (Corner Step)

Gerakan Langkah Sudut (Corner Step) sedikti lebih rumit untuk dilakukan karena langkah gerakan ini meliputi gabungan berbagai gerakan sekaligus. dimana gerakan tersebut akan kami urutkan unutk anda sebaai berikut ;

  • Gerakan yang pertama kali dilakukan adalah kaki kanan menginjak papan step diiujung sebelah kanan papan dan diikuti oleh langkah kaki kiri lalu kedua kaki berada dalam posisi saling berdakatan.
  • Selanjutnya kaki kiri anda yang sudah berada diatas papan bergeser kek kiri diikuti oleh kaki kanan dan kembali berdekatan.
  • Selanjutnya kaki kanan kemudian kembali digeser ke sebelah kanan dan diikuti oleh kaki kiri.
  • Dan gerakan yang terakhir adalah kaki kanan kembali kelantai diikuti oleh kaki kiri.

10. Gerakan Langkah Lari (Running Step)

Sebenarnya gerakan langkah lari (Running Step) sangat sederhana karena merupakan gerakan yang sama dengan gerakan basic step, namun cara melakukannya adalah seperti orang berlari.

Nah bagi Anda yang ingin mendapatkan intensitas latihan yang lebh tinggi dalam meningkatkan kapasitas jantung dan menghasilkan proses pembakaran lemak yang lebih besar, maka kami menyarankan anda untuk melakukan gerakan ini.

11. Gerakan Langkah Belakang (Lunges Back)

Gerakan yang terakhir  dari latihan senam step ini adalah gerakan langkah ke belakang (Lunges Back), gerakan ini sekilas sama dengan gerakan basic step namun gerakan ini sedikit dmodifikasi.

Yaitu saat kedua kaki berada diatas papan step, maka selanjutnya salah satu kaki disentuhkan kebelakang dalam satu ketukan musik dan diikuti oleh gerakan kaki lainnya dengan pola yang sama juga dengan satu ketukan.

setelah itu kedua kaki kembali keatas papan step dan kemudian melakukan gerakan turun ke lantai dengan langkah satu persatu.


B. Video Latihan Senam Step Pemula

Seperti apa bentuk latihan senam step yang dapat dilakukan bagi pemula itu ? Jika anda ingin mencobanya, maka berikut ini adalah contohnya :


Demikianlah 11 gerakan dasar dan gerakan Variasi unik senam step khusus tingkat pemula yang dapat Anda pelajari karena dengan gerakan dasar inni anda bisa mengembangkan gerakan-gerakan yang lebih sulit selanjutnya.
Semoga Bermanfaat .. !!

No comments

Powered by Blogger.