google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 8 MANFAAT DAHSYAT LATIHAN MUAY THAI BOXING BAGI KESEHATAN DAN PENAMPILAN FISIK WANITA - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

8 MANFAAT DAHSYAT LATIHAN MUAY THAI BOXING BAGI KESEHATAN DAN PENAMPILAN FISIK WANITA

Apa 8 Manfaat Dahsyat Latihan Muay Thai Boxing Bagi Kesehatan Dan Penampilan Fisik Wanita ?


Siapa yang tidak kenal dengan salah satu latihan paling mematikan didunia ini ? Seni Bela diri tangan kosong negara Gajah Putih (Thailand) ini merupakan seni bela diri yang sudah mendunia.

Pusat latihan Muay Thai Boxing terdapat di hampir di semua negara di dunia tidak terkecuali di negara kita Indonesia, saat ini banyak bertebaran pusat latihan beladiri Muay Thai Boxing di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai wanita Anda pasti tahu bahwa kaum wanita, kecantikan dan penampilan adalah satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan lagi oleh siapapun juga, apapun caranya dan resikonjya bagi kaum wanita cantik & memiliki tubuh deal adalah segalanya,

Hal ini yang mendorong wanita unutuk melakukan segala hal untuk menjadi cantik, baik dengan cara Sedot Lemak, Suntik Botox atau hingga Operasi Plastikpuan akan menjadi pilihan mereka, ya Anda pasti akan heran mengapa mereka begitu terobsesinya dengan kecantikan sehingga bisamembuat mereka mampu melakukan segala hal, termasuk melakukan tindakan operasi yang tentu beresiko unutk dilakukan. 


8 Manfaat Dahsyat Latihan Muay Thai Boxing Bagi Kesehatan Dan Penampilan Fisik Wanita

Nah bagaimana dengan Anda yang lebih memilih untuk berolahraga sesuai dengan kemampuan  Anda ? pernahkah Anda mencoba latihan yang satu ini ? latihan ini bila kita lihat dari luar maka akan terlihat keras, kasar dan berbahaya, namun sebenarnya hal itu tidak benar sepenuhnya.

Mereka yang terlihat keras berbahaya dan kasar tersebut biasanya adalah seorang atlet olahraga Muay Thai Boxing yang sudah berlatih dengan giat untuk keperluan pertandingan yang akan diikutinya.

Bagi Anda yang pemula maka pola latihan Tinju Thailand tersebut akan terasa ringan dan menyenangkan, namun sebelum lebih jauh membahas masalah teknik yang akan dipergunakan, berikut ini adalah 8 manfaat Dahsyat Latihan Muay Thai Boxing Bagi Kesehatan Dan Penampilan Fisik Wanita, diantaranya yaitu :

1. Membentuk Penampilan Ideal


Latihan fisik ini jelas sangat melelahkan, bahkan lebih melelahkan daripada beberapa jenis olahraga lainnya, karena dilevel tertentu anda harus membuat tubuh anda sebagi senjata utama untuk menghadapi lawan, khususnya bila saat anda sudah diperbolehkan untuk menggunakan sasaran pukul baik berupa sasaran tendangan Boxing Sand Sack ataupun Boxing Pad pada latihan tentu.


Gerakan-gerakan yang terdapat dalam muay thai bukan merupakan gerakan yang ringan sehingga ketika melakukannya, kita akan mengeluarkan keringat. Karena hal inilah melakukan latihan fisik muay thai dapat membakar kalori serta lemak dalam tubuh sehingga tanpa disadari tubuh yang ideal akan tercipta dengan sendirinya. Selain itu, berlatih muay thai juga dapat meningkatkan ketahanan fisik,

Dan pada akhirnya akan mendorong terciptanya tubuh yang proporsional dan ideal. Jenis olahraga sekaligus ilmu bela diri ini sangat cocok bagi para pria yang ingin membentuk tubuh ideal idaman. Muay thai juga cocok bagi para wanita yang ingin membekali dirinya dengan ilmu bela diri sekaligus membentuk tubuh langsing ideal yang tanpa lemak.

Saat Anda melakukan gerakan menendang dan menyerang dengan lutut, bagian pinggulmu pun akan terlatih, sehingga pinggul akan jadi lebih fleksibel dan juga ramping.Membentuk pinggul Ingin mendapatkan bentuk pinggul yang indah, dapat diperoleh dengan berolahraga muay thai. Gerakan pada lutut dan tendangannya dapat membentuk tubuh bagian pinggul.

Dengan ini kalori yang terbuang akibat gerakan latihan muaythai boxing yang sangat cepat dan dinamis ini akan sangat banyak.dan akan lebih menguras tenaga lagi, 

Hal ini dikarenakan saat tubuh anda berbenturan dengan sand sack,ada sedikit rasa khawatir akan rasa sakit yang timbul dan ini akan memicu adrenalin anda ke level maksima, dan membuat kinera jantung naik 30% lebih cepat.

Hal ini tentu akan membakar lemak tubuh lebih banyak yang terbakar daripada olahraga lainnya dan bentuk tubuh ideal yang Anda  inginkan akan semakin terlihat seiring kekuatan Anda meningkat.



2. Meningkatkan Kecepatan & Kekuatan Tubuh



Pernah mendengar orang yang mengatakan "Wah kamu lamban ya ? Atau Koq Lemas Banget sih ? Bila Anda pernah mengalaminya maka mungkin saja pendapat mereka benar adanya.

Lalu mengapa kita terlihat lambat dan lemah ? Jawabannya adalah pada fungsi Metabolisme tubuh Anda, bagi kebnyakan orang yang bekerja dibelakang meja seperti yang ada di berbagai kantor maka duduk adalah peekerjaan mereka seumur mereka bekerja disanan.

Banyak orang yang harus bekerja terus menerus dalam poisis duduk antara 8 - 12 jam dalam sehari akibat tuntutan pekerjaan yang menumpuknya yang harus mereka lakukan, hal tanpa mereka  sadari akan merubah peforma tubuh mereka, dimana metabolisme tubuh mereka akan mengalami penyesuaian sesuai dengan aktifitas tersebut.

Mereka akan terlhat lambat, lesu dan kurang bertenaga, dan hal ini dapat diatasi dengan latihan fisik yang mengutamakan kecepatan dan yang membutuhkan daya tahan stamina yang tinggi, mudah Latihan Muay Thay Boxing jawabnnya.



Ketika awal-awal berlatih muay thai, mungkin anda akan merasa kelelahan karena jenis olahraga ini memang sangat menguras tenaga dan menekankan pada kekuatan tubuhmu. Namun, jika kamu rutin berlatih Muay Thai, maka stamina tubuhmu akan meningkat dan kamu pun akan jadi lebih kuat.

Muay thai diajarkan pada masa raja pha cao sua untuk melatih bala tentaranya pada kala itu. Dengan gerakan yang memadukan teknik sapuan kaki, tendangan, lompatan, pukulan, dan teknik siku membuat massa otot kita bertambah. Dengan melakukan olahraga muay thai secara rutin dapat meningkatkan stamina tubuh.

Bila Anda mau mencoba latihan ini, maka Anda dapat melihat perubahan besar yang akan Anda alami, kecepatan Anda akan bertambah dan kekuatan Anda untuk bekerja berat dalam waktu yang lama akan meningkat..  

3. Meningkatkan Kekuatan Otot



Nah ini dia bab yang ditunggu-tunggu, bagi kaum wanita punya tubuh ideal pasti boleh-boleh saja, tapi bagaimana dengan bentuknya ? banyak wanita yang memiliki tubuh ideal tapi sayangnya tidak memiliki bentuk otot yang menarik. 

Ideal yang ami maksud adalah cocok saat mengenakan pakaian dan terlihat langsing, tapi otot lengan tangan, pinggul, bahu paha dan betis mereka masih terlihat kurus atau terlihat lemah tidak bderotot sama sekali.

Wah koq bisa ya ? Ya Bisa hal ini karena tidak ada cara lain yang dapat kita lakuakan unutk membuat otot terlihat menonjol kecuali dengan aktifitas olahraga yang bemiliki bobot latihan yang sedikit berat.

Apalagi jika bukan latihan Muay Thai Boxing, latihan ini merupakan salah satu latihan yang paling cepat daam membangun otot khususnya bagi kaum wanita, dari gerakan pemanasan hingga gerakan latihan inti dipastikan akan terasa berat dan melelahkan.

Namun jangan khawatir justru inilah yang akan membuat Otot  tubuh Anda berkembang menjadi sedikit lebih menonjol namun jangan khawatir latihan ini tidak akan membuat anda terlihat seperti tubuh kaum pria karena latihan ini sarat dengan latihan kardio yang 70% justru akan membakar lemak bukan membuat otot besar.


Olahraga muay thai sering menggunakan kaki sebagai salah satu teknik bertarung. Gerakan kaki ini dapat memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah dan kaki. Tubuh Tidak hanya membakar kalori dan membuat berat badanmu berkurang, tapi berlatih muay thai juga dapat memperkuat otot-otot di seluruh batang tubuhmu, termasuk otot perut. 


Gerakan menonjok, menyikut dan menendang akan meningkatkan kekuatan otot-otot dan mengencangkan hampir semua bagian tubuh.


4. Menjaga Berat Badan



Bagi wanita memiliki Berat Badan yang seimbang adalah sebuah harga mati yang tidak bisa ditawar, lalu bagaimana setelah bertahun-tahun kemudian, apalagi bagi Anda yang sudah melahirkan, Berat Badan menjadi masalah yang membuat stress Anda meningkat bukan ?
  
Nah bagi Anda yang sudah memiliki tubuh Ideal Anda bisa mempertahankan berat badan Ada yang paling ideal dengan latihan Muay Thai Boxing ini, karena lathan yang terdiri dari lari, tendngan dan pukulan uumnya akan membuat tubuh memiliki kemampuan untuk mengingat bobot berat badan yang paling ideal saat Anda melakukan gerakan latihan tersebut.

Hal ini dinamakan Memori Otot (Muscle Memory) oleh kalangan ahli, dimana otak akan membaca dan mengukur kondisi bobot tubuh paling ideal yang dibutuhkan untuk melakukan latihan yang akan dilakukan, sehingga semakin sering dilakukan itu dilakukan maka kemampuan tersebut juga akan semakin meningkat dan tubuh akan banyak membuang lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.



5. Meningkatkan Daya Tahan Stamina 



Hampir sama dengan konsep daya tahan pada pembahasan sebelumnya, namun daya tahan yang dimaksud kali ini adalah kemampuan bagi Anda untuk terus bergerak tanpa lelah dalam latihan dimana tubuh Anda sudah mampu beradaptasi unutk pola latihan yang panjang dan melelahkan.

Dengan latihan ini maka perkembangan daya tahan (Indurance) latihan Anda juga akan semakin meningkat. dan anda akan mencapai fase maksimal kemampuan fisik Anda yang dapat dipergunakan untuk semua aktifitas.

Di level ini tubuh Anda akan mampu melakukan aktifitas ekstrim sehingga akan memiliki kemampuan gerak yang menakjubkan, sama halnya dengan petarung Muay Thai Boxing pada umumnya dimana gerakan mereka sudah terlalu cepat untuk dilihat bahkan sangat sulit unutk dibendung layaknya manusia super.

6. Kekuatan Tulang



Sama halnya dengan daya tahan tubuh, kekuatan Tulang (Bone Strength) dan Kepadatan tulang (Bone Density) juga akan meningkat seiring level latihan yang semakin meningkat, saaat seseorang berlatih dengan cara membenturkan bagian tubuhnya kepada peermukaan yang keras pada awalnya mereka akan merasakan sakit yang luar biasa.

Hal ini terjadi karena banyaknya syaraf yang peka terhadap benturan yang berada di bagian tersebut, sehingga setiap benturan akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, unutk itu diperlukan pengaman tangan bagi pemula.

Namun bagi orang yang sudah mahir lambat laun rasa sakit itu akan semakin berkurang dan pada akkhirnya hilang sama sekali akibat mengecilnya syaraf dan menebalnya lapisan tulang pada bagian yang terbentur tersebut. Hal ini akan semakin membuat seni beladiri Muay Tahi Boxing ini semakin berbahaya unutk dilakukan, khususnya bagi orang yang sudah berlatih cukup lama. 


7. Meningkatkan fungsi Kekebalan tubuh Imune



Bersamaan dengan meningkatnya kekuatan otot dan tulang maka sistem kekebalan tubuh juga akan semakin meningkat, bayangkan bila Anda harus berlari tanpa henti, latihan skipping hingga 100 kali, push Up 50 kali hingga sit up 50 kali, berapa banyak nafas yang dibutuhkan ?

Sangat banyak pastinya, olah nafas ini tentunya akan memompa banyak sekali oksigen ke paru-pau tubuh dan akhirnya mengalir kedalam aliran darah dan mengubah sel dan metabolisme tubuh anda menjadi semakin kuat

Metabolisme tubuh yang tinggi ini tentu akan memicu peningkatan kinerja mekanisme tubuh yang mengatur kekebalan tubuh (Imunne System) tubuh kita, seperti Liver, Getah Bening atau Kinerja Ginjal kita, sehingga daya tahan tubuh kita terhadap penyakit juga akan semakin kuat seiring latihan yang semakin berat.


8. Meningkatkan Semangat




Dengan adanya peningkatan semua fungsi vital dan penampilan fisik tubuh kita yang semakin ideal karena latihan ekstrim ini, maka sudah pasti semua hal itu akan membuat semangat kita juga akan semakin positif dan meningkat.

Dengan semangat ini maka kita akan menjadi sosok baru yang tangguh, kuat, dan aktif yang dapat menghadapi setiap tantangan dalam kehidupan.

Demikianlah 8 Manfaat Dasyat Latihan Muay Thai Boxing bagi Kesehatan dan Penampilan Fisik Wnita yang dapat kami sampaikan, semoga ulasan kai ini bisa membuat kaum wanita Indonesia menjadi kaum wanita yang tangguh dan memiliki kemampuan fisik yang luar biasa.



Semoga Bermanfaat..!!



No comments

Powered by Blogger.