google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 6 DAMPAK NEGATIF KEBIASAAN MENGHINDARI MAKAN BUAH DAN SAYURAN - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

6 DAMPAK NEGATIF KEBIASAAN MENGHINDARI MAKAN BUAH DAN SAYURAN

Apakah 6 Dampak Negatif Kebiasaan Menghindari Makan Buah & Sayuran ?

Gambar 1. Dampak Negatif Kebiasaan Menghindari Makan Buah & Sayuran.

Bila kita bicara soal Kesehatan, maka kesehatan kita akan tercermin dari apa yang kita makan sehari-hari, hal ini bisa dikatakan demikian karena secara fisik orang yang memiliki pola makan yang baik tentunya memiliki bentuk tubuh yang lebih baik daripada orang yang tidak menjaga pola makannya.

Bentuk tubuh mereka sudah bisa menceritakan bagaimana kebiasaan makan yang mereka lakukan, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki tubuh yang lemah, terlihat kurang sehat dan juga rentan terhadap serangan penyakit.


Namun umumnya mereka bersikap tidak perduli dan sibuk dengan pekerjaan mereka sehari-hari, hal ini dapat menjadi bom waktu hingga pada saat tertentu kesehatan mereka akan sangat menurun dan mereka akan mudah mengalami masalah kesehatan.


Mereka akan mengalami masalah kesehatan karena seiring dengan kesibukan pekerjaan yang semakin berat yang mereka lakukan, ditambah lagi dengan jam makan yang tidak teratur dan jenis menu makanan yang umumnya tidak sehat.


Diawali dari Kebiasaan waktu kecil

Lalu bagaimana hal ini bisa terjadi ? Banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk ini sejak kecil dan umumnya tidak menyadari dampak buruk pola makan yang dimilikinya hingga mereka beranjak dewasa, sehingga tentu sudah sangat sulit untuk mengubah kebiasaan pola makan yang buruk ini.


Salah satu kebiasaan buruk yang banyak dilakukan orang saat mereka masih kecil adalah menghindari makan buah & sayuran, kebiasaan ini biasanya berakar dari kontrol orang tua yang tidak memahami manfaat makanan sehat yang dikonsumsi sang anak.


Sehingga sang anak dibiarkan mengkonsumsi makanan kesukaan mereka, jauh lebih sering dan lebih banyak daripada porsi makanan sehat yang seharusnya mereka konsumsi, parahnya lagi banyak orang tua yang melakukan hal ini umumya selalu memberikan alasan mengapa mereka membiarkan anak mengkonsumsi makanan junk food dengan alasan "Kasihan atau Sayang pada anak".

Padahal hal yang tidak disadari oleh para orang tua tersebut adalah bahwa kebiasaan buruk ini bisa terbawa hingga mereka dewasa dan sangat merugikan dari segi kesehatan anak mereka secara keseluruhan.



6 Dampak Negatif Kebiasaan Menghindari Makan Buah & Sayuran 

Untuk lebih memahami hal ini oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui Dampak Negatif Kebiasaan Menghindari Makan Buah & Sayuran sehingga kita bisa memberikan pengarahan pada generasi selanjutnya agar bisa menghindari hal negatif seperti :

1. Rasa Lesu, Letih & Lemah yang Berkepanjangan.


Gambar 2. Dampak Negatif Kebiasaan Menghindari Makan Buah dan Sayuran

Tubuh kita memerlukan pasokan nutrisi dan gizi yang cukup setiap hari agar dapat beraktifitas normal setiap hari seperti belajar atau bekerja, porsi makanan yang kita konsumsi selain harus cukup juga harus bergizi.
Karena pasokan makanan yang tidak bergizi dapat menyebabkan rendahnya jumlah energi yang dihasilkan sehingga tidak akan mampu bertahan lama dan habis dalam waktu singkat dan menyebabkan rasa lapar datang kembali.


Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi buah & sayuran karena serat yang ada sangat dibutuhkan bagi proses pengolahan pencernaan dan sekaligus dapat menimbulkan rasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Lain halnya bila Anda mengkonsumsi makanan Junk food atau makanan yang dibuat dari proses kimia sintetis yang mengandung gula buatan seperti Aspharthame misalnya yang jelas memiliki kadar gula yang sangat tinggi, selain berbahaya untuk dikonsumsi bahan kimia ini juga bisa menimbulkan efek ketagihan rasa manis yang besar sehingga bisa meningkatkan resiko kegemukan.

Itulah sebabnya mengapa orang yang rajin makan buah & sayuran akan terlihat jauh lebih bertenaga dan mampu bekerja maksimal dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai makanan tersebut, karena mereka akan cepat kembali lesu, tidak semangat dan lamban dalam bekerja walaupun mereka baru saja makan saat jam makan siang yang berakhir 1 jam lalu.

2. Daya Tahan Tubuh menjadi Lemah

Gambar 3. Dampak Negatif Kebiasaan Menghindari Makan Buah & Sayuran daya tahan tubuh menjadi lemah.

Kita semua tahu bahwa penyakit bisa terjadi pada siapa saja dan akan datang tanpa diminta, hal ini terjadi karena tubuh kita sebenarnya selalu diserang bakteri dan kuman selama 24 jam setiap harinya.

Baik dari udara yang kita hirup setiap hari, makanan yang kita konsumsi, air yang kita minum, hingga benda yang kita sentuh baik sengaja maupun tidak, semua belum tentu bersih dan bisa saja mengandung bakteri dan kuman.

Lalu mengapa kita bisa dalam kondisi sehat saat ini ? Padahal demikianlah kenyataan yang terjadi, kita selalu sehat setiap hari karena adanya sistem daya tahan tubuh yang akan selalu menahan serangan bakteri atau virus penyakit yang menyerang setiap hari dan hgaal ini biasa disebut seba sistem "Immune".

Dalam membangun sistem pertahanan tubuh dari serangan penyakit, maka tubuh memerlukan pasokan nutrisi yang cukup dan bergizi, sumber gizi terbaik yang dapat kita peroleh adalah dengan mengkonsumsi buah & sayuran.

Karena makanan tersebut mengandung semua jenis Vitamin, Mineral dan Serat yang sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh, sama halnya dengan fungsi benteng dalam sebuah negara yang berfungsi untuk menahan semua serangan musuh.

2. Gangguan Stress (Cemas, Gugup, Gelisah, Emosional & Depresi)


Gambar 4. Dampak Negatif Kebiasaan Menghindari Makan Buah & Sayuran
Gangguan Stress (Cemas, Gugup, Gelisah, Emosional & Depresi )
Makanan merupakan sumber energi dan nutrisi yang utama yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, Profesor John Cryan dari University College Cork menyebut kandungan serat pada buah dan sayur menstimulasi bakteri baik di usus untuk memproduksi enzim SCFA. Enzim ini dikatakannya berperan besar dalam menurunkan kadar stres. "Dengan menurunnya kadar stres, maka risiko mengalami masalah kejiwaan turunannya seperti kecemasan dan depresi juga bisa berkurang,"

Orang Dewasa setidaknya mengalami stress sebulan sekali. Ciri-cirinya, mudah marah, cemas, gugup bahkan sampai depresi, stress tidak hanya berdampak mengganggu kesehatan mental, nyatanya juga bisa berdampak negatif terhadap kesehatan fisik seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes bahkan kanker.

3. Gangguan pada Siklus Menstruasi


Gambar 5. Dampak Negatif Kebiasaan Menghindari Makan Buah & Sayuran Gangguan pada Sikuls Menstruasi.

Gangguan Hormonal lainnya khususnya yang sering dialami kaum wanita adalah terganggunya siklus bulanan menstruasi (haid), hal ini tentu akan dirasakan sangat mengganggu dan bisa menimbulkan stress.


Lalu apa yang sebenarnya terjadi ? Hal apa yang menjadi menyebabkan gangguan terhadap siklus menstruasi dan menyebabkan terganggunya siklus bulanan mereka ? terdapat beberapa penyebab yang menjadi penyebab gangguan siklus haid ini antara lain yaitu :


a. Masalah Menopause

Menjelang masa menopause, menstruasi bisa menjadi tidak lancar. Ini karena produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh seorang wanita menjadi tidak teratur, kondisi ini tentu akan sangat mengganggu ketenangan mereka dan bisa mebuat mereka stress.


Sehingga diperlukan upaya pencegahan dini yang efektif agar mereka bisa terhindar dari masalah ini, karena stress yang berkepanjangan bisa memperburuk situasi kesehatan mereka pada akhirnya.


b. Masalah pada Kelenjar Tiroid


Pada bagian leher Anda terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid Anda bermasalah, maka menstruasi Anda juga akan terpengaruh. 


Untuk mengatasi kedua masalah ini maka Anda dapat mengkonsumsi buah & sayuran, diharapkan setelah itu maka kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus haid dapat kembali menjadi normal.


4. Masalah Gangguan Hasrat Seksual


Gambar 6. Dampak Negatif Kebiasaan Menghindari Makan Buah & Sayuran masalah gangguan Hasrat Seksual.

Di Berbagai negara sejak zaman dahulu ternyata kebiasaan makan seseorang kerap dihubungkan juga dengan kualitas kemampuan seksual mereka, pendapat ini ternyata juga sudah menjadi sebuah kebudayaan.


Hal ini jelas masuk akal apabila kita lihat dari sudut pandang kesehatan, orang yang kuat cenderung akan lebih banyak makan makanan yang berkualitas seperti daging yang berprotein tinggi.


Lalu apa yang akan terjadi bial mereka tidak mengkonsumsi buah & sayuran ? Benar, mereka akan mengalami masalah pencernaan juga masalah kekurangan gizi juga masalah pencernaan akibat kurangnya pasokan serat yang mereka konsumsi.


Bila hal ini terjadi dalam kurun waktu yang lama maka masalah ini bisa berdampak pada terganggunya hormon seksual yang pada akhirnya akan mengganggu kinerja fungsi seksual mereka juga.



a. Hormon Testosteron

Hormon yang banyak terdapat didalam tubuh pria ini memiliki fungsi sebagai pengatur libido kaum pria, oleh karen itu maka perlu diketahui bahwa penyebab utama gangguan pada produksi hormon testosteron kaum pria ini adalah terjadinya kelebihan berat badan khususnya yang berada disekitar pinggang.

b. Hormon Estrogen

Kebalikan testosteron, hormon ini banyak diproduksi oleh wanita dan sedikit pada pria. Pada wanita hormon ini diproduksi oleh ovarium. Fungsinya adalah menjaga tingkat mood dalam suatu hubungan.

Selai itu hormon ini juga memiliki fungsi utama yaitu untuk meningkatkan hasrat seksual yang dapat menjadi pemicu gairah wanita dan sekaligus bertindak sebagai stimulator utama untuk mengarah pada terjadinya "Big O".

Oleh karena itu hal ini menjadi sangat penting untukdijadikan perhatian khususnya bag Anda yang sudah berumah tangga agar Anda bisa menjaga keharmonisa rumah tangga maka Anda dapat menstabilkan kinerja organ tubuh yang memproduksi kedua hormon ini maka Anda dapat mengkonsumsi makanan tinggi serat sepert buah & sayuran.


5. Meningkatnya Resiko Terkena Penyakit Kanker


Gambar 7. Dampak Negatif Kebiasaan Menghindari Makan Buah & Sayuran
Meningkatnya Resiko Terkena Penyakit Kanker

Bila kita amati dengan seksama Penyakit Kanker merupakan penyakit yang paling banyak membunuh setelah penyakit jantung atau epidemi lainnya, Penyakit ini telah menjadi momok yang ditakuti banyak orang didunia khususnya di Indonesia.


Banyak orang di negara kita yang menderita penyakit berbahaya ini, dan menjalani perawatan atau berbagai macam terapi penyembuhan seperti "Kemo Theraphy" atau hingga melakukan tindakan operasi pengangkatan jaringan tubuh yang telah terjangkit sel kanker yang tentu sangat beresiko untuk dilakukan.


Namun ada hal yang pelu diketahui bahwa Kanker merupakan hasil reaksi hormonal dan kimia alami tubuh yang tidak seimbang akibat yang diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah :


a. Makanan tidak sehat

Makanan yang rendah serta, Vitamin & Mineral  seperti makanan yang berlemak tinggi, makanan yang digoreng, makanan yang agak hangus bis memicu ketidak seimbangan hormon dan berisiko menciptakan sel kanker.

b. Kontaminasi Zat Berbahaya

Banyak pekerjaan yang mengharuskan seseorang berhubungan langsung dengan Zat berbahaya, contoh seperti bahan yang mengandung  radiasi di Pembangkit Listik Tenaga Nuklir (PLTN) atau Laboraturium, bahan beracun dalam industri hingga bahan Kimia berbahaya di pabrik atau toko bahan Kimia.

Hal ini jelas sangat berbahaya dan bisa mengancam keselamatan jiwa mereka, kontak langsung dengan zat yang berbahaya ini jelas bisa mengganggu kesehatan apalagi bila dilakukan tanpa dilengkapi dengan alat pengaman saat menyentuh zat tersebut.

Resiko terkena paparan zat berbahaya ini menurut banyak ahli mampu mengaktifkan sel kanker dalam tubuh, apalagi bila pekerjaan tersebut sudah dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

Maka oleh karena itu untuk meminimalisir kandungan racun yang terlanjur terserap dalam tubuh dianjurkan untuk mengkonsumsi buah & sayuran, diharapkan nutrisi ini mampu menangkal dan menenetralisir resiko kanker yang ada.

6. Masalah Penuaan Dini.

Gambar 7. Dampak Negatif Kebiasaan Menghindari Makan Buah & Sayuran Masalah Penuaan Dini.

Bila kita amati bersama perhatikan apakah ada persamaan antara orang yang rajin mengkonsumsi makanan sehat dengan orang yang tidak [erduli makanan sehat ? Ya anda akan menemukan bahwa bentuk permukaan kulit orang yang rajin mengkonsumsi makanan sehat akan terlihat lebih baik dan cerah daripada orang yang kurang menyukai makanan sehat.


Mereka cenderung memiliki lebih banyak kerutan pada permukaan kulitnya dan memiliki warna yang tidak konsisten dan cenderung agak pucat, "Mengapa demikian ? Hal ini terjadi akibat masalah kekurangan gizi yang mereka miliki.


Seperti yang kita ketahui tubuh memerlukan pasokan nutrisi & gizi yang cukup agar dapat mempertahankan kinerjanya khususnya pertumbuhan sel, keseimbangan hormon alami hingga proses metabolisme.


Khusus masalah kesehatan kulit tentu berhubungan dengan terjadinya regenerasi dan pertumbuhan sel yang membangun jaringan kulit kita, kekurangan nutrisi dan pasokan gizi tentu akan mengganggu proses ini sehingga dapat menimbulkan kerut, meningkatkan produksi minyak kulit bahkan masalah alergi atau iritasi pada kulit.


Untuk itu bagi Anda yang mendambakan kuit yang halus, cerah dan bebas masalah konsumsilah buah & sayuran yang cukup bila dirasa kurang tambahkan dengan melakukan perawatan (treatment) alami yaitu dengan melakukan lulur dengan berbagai bahan alami seperti bengkuang, timun, alpukat dan lain sebagainya.


Demikian ulasan kami akan 6 dampak negatif Kebiasaan menghindari makan buah & sayuran yang dapat kami jelaskan, ingatlah usia kita terbatas akan lebih baik dan menyenangkan apabila kita memiliki tubuh yang sehat dan ideal.




Semoga Bermanfaat ... !!!

No comments

Powered by Blogger.