google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 14 PENGOBATAN ALTERNATIF DENGAN MENGGUNAKAN LATIHAN YOGA - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

14 PENGOBATAN ALTERNATIF DENGAN MENGGUNAKAN LATIHAN YOGA

Seperti Apa 14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga ?

14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar 1. Latihan Yoga

Pernahkah Anda mendengar latihan Yoga ? Saya yakin kita semua orang didunia pernah mendengar latihan yang satu ini.

Latihan ini merupakann  jenis latihan yang paling lengkap dan sempurna yang pernah diciptakan manusia didunia.

Didalam latihan ini tersimpan ribuan manfaat yang sebagian bahkan masih belum dipahami oleh manusia.

Yoga merupakan salah satu jenis kebudayaan yang memiliki sejarah dan usia yang "Paling Tua" dan merupakan "Cikal bakal" semua olahraga yang paling awal didunia.

A. Makna Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga

Yoga (Aksara Dewanagari योग) dari bahasa Sanskerta (योग) berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta" karen Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu.

Dimana Hal ini menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan dan menghasilkan energi yang Positif.

Dalam dunia fitness Yoga juga merupakan latihan yang memiliki banyak penggemar, jutaan penggemar yoga memilih yoga sebagai bagian dari kehidupan mereka.

Sudah ribuan bahkan jutaan orang yang mengkaji dan mempraktekkan latihan ini untuk mendapatkan keuntungan yang tersembunyi dari latihan ini.

Latihan ini tergolong jenis latihan "Sunyi" (Non Rhythem Exercise)", karena tidak menggunakan ketukan nada (beat) pada lagu sebagaimana yang sering dilantunkkan pada saat berlatih Yoga.

Olahraga ini saat ini sangat diminati oleh semua kalangan, karena dapat menjadi olahraga meditasi, olahraga fisik (tubuh), olahraga mental bahkan juga menjadi olahraga untuk penyembuhan.

Berjuta orang didalam sejarah yang telah berlangsung selama 10.000 tahun ini, telah mengambil banyak manfaat yang ada pada Yoga.

Baik kalangan pendeta, guru spiritual, praktisi olahraga, tentara, pelajar, hingga kalangan orang biasa.

B. 14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga

Semua orang akan mendapatkan manfaat dengan melakukan latihan Yoga ini, dengan banyaknya manfaat ini, tentu membuat Yoga memiliki jumlah penggemar terbesar didunia, senbab 

Yoga adalah latihan yang unik karena memiliki berbagai jenis pola latihan dan gerakan yang lengkap untuk semua kebutuhan, karena dari Yogalah semua olahraga saat ini berasal.

Olahraga ini pada dasarnya dapat membantu Anda mengendalikan semua elemen yang ada pada diri kita, untuk itu kita akan membahas berbagai manfaat yoga ini, agar kita lebih memahami latihan ini lebih baik 

Keuntungan ini akan bermanfaat untuk membuat kita lebih bersemangat mempelajari latihan ini, berikut ini adalah 14 pengobatan alternatif dengan latihan Yoga yang dapat Anda lakukan diantarannya yaitu :

1. Pengobatan Sakit Punggung

14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar 2.  Pengobatan Sakit Punggung.

Melakukan senam yoga secara rutin dan teratur dapat mencegah anda mengalami yang namanya sakit pinggang dan juga punggung.

Ini dikarenakan latihan ini mampu melemaskan otot-otot yang kaku dan menjadikan otot pinggang dan punggung menjadi lebih kuat.

Sakit punggung (Back Problem) banyak dialami orang, bagi Anda yang mengalami sakit punggung, Yoga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat, bahkan jika Anda mengalami sakit punggung kronis sekalipun. 

Yoga dapat membantu dalam melindungi tulang punggung, dan juga mengobati masalah nyeri punggung.

Gerakan Yoga dapat dilakukan untuk mengatasi masalah punggung ini, antara lain berupa gerakan :
  • Forward Bend posed. 
  • Backbend posed.
  • Twist posed.
  • Mountain posed.
  • Dove posed.
  • Wall posed.
  • Child posed.
2. Meningkatkan Fleksibilitas Sendi dan Otot

14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar 3. Untuk Meningkatkan Fleksibilitas Sendi dan Otot

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh yang lentur ? Tubuh yang lentur artinya dapat membuat kita terhindar dari masalah tulang maupun otot dan juga membuat kita tidak mudah cidera.

Semua gerkan Yoga dapat berpengaruh positif untuk titik sendi dan titik stres tubuh, dengan melakukan gerakan yang benar dan sesuai kemampuan, maka kita akan mampu menngkatkan fleksibilitas kita. 

Dengan berlatih Yoga Anda bisa meningkatkan tingkat produksi pelumas sendi, ligamen, dan tendon, sehingga pada akhirnya akan membuat Anda menjadi lebih fleksibel.


3. Pengobatan Penyakit Osteoporosis


14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar.4. Pengobatan Penyakit Osteoporosis.

Penyakit Osteoporosis adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya, walau dampaknya sangat lambat diketahui, namun penderita Osteoporosis cenderung tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki maslah tersebut. 

Dengan melakukan latihan senam yoga secara rutin dan teratur maka kita dapat mencegah osteoporosis, semua l
atihan tersebut dapat meningkatkan kekuatan tulang, terutama pada bagian tulang lengan yang sangat rentan terserang penyakit osteoporosis.

Manfaat yoga untuk tulang yang selanjutnya adalah membantu anda dalam meningkatkan kepadatan tulang.

Beberapa gerakan yang ada dalam senam yoga ternyata membantu tubuh anda agar terhindar dari penyakit osteoporosis, hal ini sudah terbukti dengan adanya gerakan mengangkat beban tubuh melalui tulang lengan dengan gerakan :
  • Mountain pose
  • Downward pose (Upward facing dog). 
4. Pengobatan Penyakit Reumatik atau Osteoarthritis


14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar 5. Pengobatan Penyakit Reumatik atau Osteoarthritis.

Gerakan senam yoga juga bermanfaat untuk melatih persendian agar pergerakannya lebih fleksibel dan bergerak pada jangkauan penuh. 

Nah karena gerakan persendian lebih fleksibel maka bermanfaat untuk membantu tubuh terhindar rematik

5. Penyakit Asma dan Bronchitis : 

14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar.6. Pengobatan Penyait Asma dan Bronchitis.

Pranayama, atau latihan yoga pernapasan baik untuk penderita asma. 

Pose yoga lain seperti memutar setengah kebelakang dan pose membuang angin digabung dengan teknik pernapasan lubang hidung bisa sebagai obat untuk asma dan bronkitis. 

Sebuah studi yang dilakukan pada penderita asma dewasa ringan hingga sedang menunjukkan, beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan seperti Pranayama dapat membantu meringankan gejala asma.

Selain beberapa manfaat yoga di atas, manfaat utama yang tentunya dicari banyak orang adalah terbakarnya lemak dalam tubuh.

Lakukan yoga secara rutin, dan jangan sia-siakan manfaat yoga yang bisa Anda dapatkan. Yoga tidak hanya bisa berguna untuk ketenangan pikiran.

Akan tetapi juga dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh Anda.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar 7.  Meningkatkan Kesehatan Jantung.

Bagi orang yang didiagnosa memiliki masalah jantung lemah,  maka latihan Yoga bisa menjadi alternatif untuk terapi penyembuhan.

Maka dengan melakukan latihan Yoga yang teratur dan pola makan sehat, maka kita dapat menjaga kesehatan jantung kita.

Sebuah studi yang dilakukan pada orang-orang dengan penyakit arteri koroner menunjukkan bahwa dengan memasukkan yoga kedalam rutinitas kehidupan merek,

Ditambah perubahan pola makan yang sehat dapat menyembuhkan penyakit arteri koroner.

Latihan yag dapat mengatasi masalah kesehatan jantung adalah dengan  melkukan latihan yoga terutama dengan dengan gerakan :
  • Ujjayi pranayama pose
  • Pranayama bhramari pose 
  • Vajrasana pose
  • Janushirasana pose 
  • Padahastasana pose 
  • Padmasana Baddha pose
  • Pranayama pose
  • Sarala pranayama dan 
  • Chandra bhedi pranayama pose.
7. Tekanan darah tinggi


14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar.8. Pengobatan Tekanan Darah Tinggi.

Bagi anda maupun keluaraga ada yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi/ hipertensi, anda bisa mencoba metode penyembuhan alami dengan senam yoga rutin setiap hari selama 3 bulan. 

Adapun caranya adalah anda hanya dituntut untuk meniru gerakan pose sav4sana yang dilakukan diatas matras/sofa “berbaring diatas matras.

Yoga dan teknik relaksasi yoga memiliki efek positif pada tekanan darah. Latihan yang teratur pada postur seperti Shavasana, padmasana dan padmasana Baddha, bersama dengan teknik pranayama seperti chandravedi dan sheetali, 

Gerakan ini membantu mengurangi tekanan darah. Postur ini menjaga tubuh dan pikiran dalam keadaan rileks. 

Sebuah studi tentang manfaat yoga dalam mengontrol tekanan darah menunjukkan hasil yang lebih positif, dibandingkan dengan pengobatan plasebo. 

Senam yoga mampu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, sehingga latihan ini dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. 

Selain itu, melakukan senam ini secara rutin dan teratur dapat mencegah penyakit jantung dan juga stroke.
  
8. Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah

14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gsambar 9. Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah.

Gerakan yang ada dalam senam yoga ternyata juga bermanfaat untuk melatih tubuh/badan agar lebih rileks, rileksasi ini bisa membantu tubuh agar sirkulasi peredaran darah berjalan secara normal dan lancar, bagian tubuh yang mendapatkan rileksasi ini khususnya pada tangan dan kaki. 

Tak hanya itu saja, senam yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar sel darah merah dan hemoglobin dalam tubuh..

9. Mencegah Peningkatan Kolesterol Jahat

14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar 10. Mencagah Peningkatan Kolestrol Jahat.

Senam ini dapat berfungsi sebagai latihan penurun gula darah dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Bagi para penderita diabetes, senam ini mempu mengontrol gula darah dengan cara menurunkan kortisol dan juga mencegah produksi insulin berlebih.

Senam Yoga ternyata juga membantu anda dalam mengontrol tekanan gula darah dalam tubuh, dengan cara menurunkan kadar kartisol serta hormon adrenalin.

Selain menurunkan kadar gula darah senam yoga juga dapat bermanfaat untuk meengatasi maslah kelebihan berat badan.

10. Membantu Mengobati Penyakit Diabetes
14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar 131 Membantu Mengobati Penyakit Diabetes.

Bagi Penderita penyakit diabetes, latihan yoga yang teratur terbukti dapat  membantu mengendalikan masalah penyakit Diabetes.

Beberapa pose latihan Yoga dapat dilakukan sebagai bentuk latihan dalam pengobatan penyakit diabetes diantaranya adalah :
  • Pose Pavanamuktasana
  • Pose Ardhamatsyendrasana
  • Pose Gomukhasana, 
  • Pose Koormasana, 
  • Pose Bhujangasana, 
  • Pose Dhanurasana, dan 
  • Pose Mayurasana. 
  • Pose Pranayama,
  • Pose Suryabhedi, 
  • Pose Ujjayi 
  • Pose Bhastrika
Beberapa Ahli mengatakan bahwa berbagai uji coba secar klinis yang dilakukan di berbagai laboraturium menyatakan bahwa beberapa pasien.

Penyakit Diabetes menunjukkan hasil yang positif setelah menjalani semacam pelatihan yoga.

11. Pengobatan Alami Masalah Perut & Pencernaan


14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar 12. Pengobatan Alami Masalah Pencernaan dan Perut.

Masalah lambung juga dapat dikurangi dengan berlatih yoga. 
  • Pose Asana tertentu,
  • pose Pavanamuktasana, 
  • Pose Padahastasana, dan
  • Pose Padangusthasana.
Dapat juga membantu mengendalikan masalah lambung, otot perut, meningkatkan cairan lambung, dan meningkatkan pencernaan. 

Pose ini adalah pose membungkuk ke depan, dimana kita harus menyentuh kaki tanpa menekuk lutut dan membawanya ke depan.

Sampai batas telapak tangan harus berada di bawah kaki dengan mudah. Hal ini dapat membantu untuk berbagai masalah pencernaan. 

12. Menurunkan Masalah Kelebihan Berat Badan


14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar 13. Menurunkan Masalah Kelebihan Berat badan
.
Bagi Anda yang memiliki masalah kelebihan berat badan, tak perlu merasa sedih karena ada banyak gerakan Yoga yang terbukti bisa mengurangi masalah kelebihan Berat Badan antara lain yaitu ;
  • Pose Hasthasana 
  • Pose Trikonasana
  • Pose Suryanamaskar
  • Pose Bhujangasana
  • Pose Virabhadrasana
  • Pose Utkatasana
  • Pose Setubandhanasana
Dengan melakukan berbagai gerakan latihan Yoga ini secara teratur minimal seminggu 2 kali maka dan menjjaga pola makan rendah lemak.

Maka dijamin dalam waktu 2 minggu akan ada hasil yang bermanfaat.

13. Sindrom Carpal Tunnel (Syaraf Tangan)

14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar 14. Sindrom Carpal Tunnel (Syaraf Tangan )

Carpal tunnel syndrome adalah suatu kondisi yang ditandai dengan tekanan pada saraf di pergelangan tangan. Kondisi ini menyebabkan kelemahan, mati rasa, kesemutan dan juga dapat menyebabkan kerusakan otot di tangan atau jari. Yoga dapat mengurangi efek carpal tunnel syndrome secara signifikan. 

14. Menangkal Racun (Detoksifikasi) 

14 Pengobatan Alternatif dengan Latihan Yoga
Gambar 15 . Menangkal Racun (Detoksifikasi).

Yoga memastikan peregangan otot dan sendi menjadi lembut, dengan berbagai latihan komprehensif pada organ internal, yang pada akhirnya akan meningkatkan suplai darah menjadi optimal. 

Aliran darah yang sehat sangat penting untuk mengeluarkan racun dan menutrisi setiap sel dalam tubuh. Yoga bisa menghambat laju penuaan dan menjamin vitalitas tubuh.

Demikianlah Berbagai Manfaat yang dapat kita peroleh dengan berlatih Yoga secara teratur, kesehatan kita adalah modal utama kehidupan yang tak ternilai kita.

Untuk mencapai tujuan itu, yang perlu kita lakukan hanyalah kemauan melakukan sedikit investasi seperti berlatih Yoga dengan menggunakan matrass Yogaang dapat dengan mudah kita  beli dengan harga terjangkau.

Semoga bermanfaat .. !!

No comments

Powered by Blogger.