google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 16 BAHAYA PENGGUNAAN MSG PADA MAKANAN - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

16 BAHAYA PENGGUNAAN MSG PADA MAKANAN

Apa 16 Bahaya mengunakan MSG pada makanan ?

MSG sangat Berbahaya dan memiliki 16 Dampak pada Kesehatan
Gambar 1. Bahaya Penggunaan MSG Pada Makanan

Berdasarkan riset, penguat rasa makanan yang lazim disebut MSG (Monosodium Glutamate), dapat merusak nafsu makan seseorang dengan merusak jaringan otak yang bertugas untuk mengendalikan nafsu makan. 

A. 16 Bahaya mengunakan MSG pada makanan
 
Rasa penguat yang ditimbulkan dapat menyebabkan seseorang ketagihan luar bisa pada makanan yang mengandung MSG ini. Berikut ini 6 bahaya MSG bagi tubuh manusia, antara lain yaitu : 

1. Penyebab Kegemukan dan kenaikan berat badan secara Drastis.

Rasa ketagihan yang disebabkan oleh MSG, dapat membuat anda ketagihan berlebihan atau ketagihan terus-menerus terhadap makanan yang mengandung MSG ini. 
 
Sebuah penelitian yang dilakukan di China yang melibatkan 752 orang sehat usia 40-59 Cina yang diambil dari sebuah desa di China. Se

bagian diminta makan makanan komersial yang mengandung MSG dan sebagian di minta makan makanan yang sehat tanpa MSG. 
 
Mereka beraktivitas seperti biasa dan hasilnya orang yang makan makanan yang mengandung MSG memiliki indeks berat badan yang lebih tinggi dibanding yang lain.

Kebiasaan memakai msg dalam jumlah banyak dan jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan dan hanya bisa makan pada masakan yang menggunakan msg saja. 
 
Msg mampu meningkatkan nafsu makan karena makanan yang biasa biasa saja dapat berubah menjadi sangat lezat. 

Salah satu bahaya msg bagi kesehatan tubuh yaitu menyebabkan indera pengecap terbiasa untuk menerima makanan yang mengandung msg dan menyebabkan nafsu makan tinggi hanya pada masakan yang mengandung msg


2. Kerusakan Otak

Pada dasarnya MSG adalah penguat rasa makanan yang dapat merangsang kinerja otak untuk merespon nafsu makan. 
 
Jika terus-menerus mengkonsumsi MSG, dapat dibayangkan bahwa otak anda akan terpacu secara berlebihan terutama bagian otak yang bertugas mengendalikan nafsu makanan.


3. Penghambat Kecerdasan Anak

Kandungan MSG dapat mengganggu kinerja otak. 
 
Dalam jangka waktu tertentu dapat memperlambat perkembangan kecerdasan otak anak anda. Jadi sayangilah anak anda dengan memilih makanan sehat.


4. Penyebab Hilangnya Nafsu Makan

Bahaya msg bagi kesehatan dapat muncul ketika pemakaian msg dilakukan setiap hari dan jangka panjang yang lama kelamaan dapat menyebabkan seseorang menjadi ketagihan. 

Kondisi ini menimbulkan rasa tidak berselera ketika menyantap masakan yang tidak menggunakan msg. 

Jika terus menerus berkelanjutan maka dapat menimbulkan berkurangnya nafsu makan dan penurunan berat badan. Hal ini tidak baik bagi perkembangan tubuh anak anak yang msaih dalam masa pertumbuhan.


5. Menimbulkan Gangguan Jaringan Otak

Zat zat yang ada pada msg dapat mencederai jaringan otak dan merusak kinerja otak sehingga mampu mengendalikan nafsu makan seseorang menjadi tidak wajar. 

Bahaya msg bagi kesehatan otak dapat berupa otak kehilangan kemampuannya dalam menangkap informasi dari luar tubuh secara baik sehingga menyeabakan seseorang tidak adapat berkonsentrasi.


6. Penyebab Kerusakan hati

Penggunaan msg secara berlebihan menyebabkan organ hati rentan terserang luka, Iritasi dan peradangan. Akibatnya seiring berjalannya waktu fungsi hati mengalami kemunduran. 

Bahaya msg bagi kesehatan hati adalah dinding hati akan mengalami peradangan dan pendarahan.

5. Pemyebab Penurunan Kualitas Kecerdasan

Anak anak yang terbiasa makan makanan yang mewngandung banyak msg beresiko mengalami kemunduran dalam berfikir , Memperlambat otak untuk menangkap informasi dari luar tubuh. 

Bahaya msg bagi kesehatan jaringan otak yang paling sering dialami anak anak adalah Keterlambatan dalam hal motorik gerak dan menurunkan intelektual kecerdasan.


6. Penyebab Masalah Gangguan pada Jantung

Zat yang terdapat pada msg dapat mencemari organ jantung dan mengganggu kinerja jantung berupa detak jantung menjadi tidak beraturan, Kadang sangat cepat kadang lambat. Bahaya msg bagi kesehatan jantung yang paling sering menyerang manusia.

Penggunaan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan rasa nyeri pada dada yang muncul tiba tiba dan Menyebabkan tekanan darah mudah naik akibat adanya penyumbatan msg pada arteri sekitar jantung.


7. Gangguan Sistem Pencernaan

Menggunakan msg diluar batas kewajaran rentan menyebabkan gangguan pada pencernaa karena dapat mnengiritasi dinding lambung, Kram perut, Mual mual, Asam lambung meningkat, Peradangan usus, Ulu hati tidak nyaman dan sakit perut yang muncul timbul tenggelam.

Bahaya msg bagi kesehatan pencernaan yang paling banyak diderita manusia adalah berupa diare yang berkepanjangan sehingga mempengaruhi keseimbangan tubuh. (Baca juga : Gangguan pencernaan)


8. Gangguan Pada Jaringan Otot

Bahaya msg bagi kersehatan yang tidak disadari masyarakat umum adalah terjadinya kelemahan otot. Zat pada msg dapat menyebabkan luka dan peradangan pada persendian, 
 
Otot jadi melemah sehingga tubuh sering cepat merasa lelah, Pegal pegal luar biasa dan stamina tubuh cepat menurun.

9. Gangguan Perilaku & Mental

Menggunakan msg terus menerus dalam takaran yang tidak menentu dapat menyebabkabn gangguan psikologis yang dapat dialami oleh pria maupun wanita pada umur yang tidak ada batasnya.

Bahaya msg bagi kesehatan psikologis yang dimaksud adalah berupa depresi, Stres, 
 
Tidak mampu mengendalikan emosi, Kecemasan berlebihan, Bingung, Panik dan terserang penyakit insomnia (kesulitan tidur)


10. Gangguan Sistem Pernafasan

kondisi Gangguan pada sistem pernafasan pada penderita asma yang sudah sembuh maka penggunaan msg berlebihan justru menyebabkan asma muncul tiba tiba dan kambuh pada waktu yangb tidak tentu,

Sesak nafas, Nyeri dada, Hidung berair dan tersumbat, Mudah terserang masuk angin dan buang buang air. 
 
Bahaya msg bagi kesehtan tubuh yang perlu diwasoadai adalah ketika terjadi penurunan daya tahan tubuh secara signifikan akibat penggunaan msg berlebihan.

Daya tahan tubuh yang terus menurun beresiko menyebabkan gangguan pernafasan pada tingkat yang lebih berat dan segera memerlukan tindakan medis.


11. Bagi Ibu hamil akan menjadi masalah Fatal pada Janin

Pada ibu hamil sebaiknya berhati hati dalama menggunakan msg dalam setiap masakannya. Msg berlebihan dapat mengurangi kualitas gizi pada makanan dan tidak akan berrmnafaat lagi bagi kesehatan janin.

Bahaya Msg bagi kesehatan dipicu karena takaran yang terlalu banyak dan dikonsumsi setiap hari. 
 
Kondisi seperti itu dapat menimbulkan cedera luka, Iritaasi dan peradangan pada organ janin. Janin akan tumbuh dengan tidak normal bahkan bisa menyebakan bayi cacat dalam kandungan.

12. Gangguan pada Organ Pengelihatan (Mata)

Bahaya msg bagi kesehatan akibat penggunaan yang tidak wajar atau berlebihan dapat menyebabkan gangguan penglihatan
 
Sehingga dapat merusak kelenjar air mata dimana pengaruh buruknya dapat berupa seperti mata kering, pandangan kabur, 
 
Sering menyebabkan sakit kepala dimana rasa nyerinya menjalar kebagian bola mata, Mata berkunang kunang, Mata lelah dan berair.


14. Penyebab Utama Kanker

Tahukah anda bahwa bahaya msg bagi kesehatan tubuh yang mengerikan adalah ketika tumbuh sel kanker. 

Zat pada msg dapat bersifat karsinogen yaitu kondisi yang dapat menyebabkan penumpukan zat msg pada dinding organ tubuh tertentu yang dapat menimbulkan kerusakan sel sel tubuh menjadi abnormal.

Jika hal ini dibiarkan berlangsung terus menerus tanpa adanya pemeriksaan tubuh lebih lanjut, maka hanya akan memicu tumbuhnya sel kanker. 

Pemakaian MSG berlebihan dan jangka panjang terbukti dapat menyebbakan kanker diberbagai organ tubuh, 

Seperti kanker usus, Kanker hati, Kanker rahim dan sebagaianya.
 

15. Gangguan Organ Genital

Gangguan organ genital merupakan salah satu dari bentuk bahaya msg bagi kesehatan tubuh yang ditimbulkan. 

Penumpukan zat msg yang tidak bisa dihancurkan oleh ginjal karena terlalu banyak didalam tubuh dapat menyebabkan saluran kencing menderita iritasi,

MSG juga bisa menyebabkan gangguan berupa perdangan pada kantung kandung kemih, dan juga penyebab terjadinya pembengkakan kelenjar prostat bagi kaum Pria.

Dan berbahaya juga bagi kesehatan kaum wanita, karena bisa menimbulkan luka yang dapat meradang pada organ kewanitaan bagi kaum Wanita.


16. Masalah Gangguan Kulit

Pada sebagian orang penggunaan msg menyebabkan reaksi alergi yang tidak mudah dihilangkan dalam waktu 2 tauan 3 hari saja karena butuh waktu untuk menormalkan kembali pada kondisi yang semula.

Bahaya msg bagi kesehatan kulit yang menyebabkan alergi sulit disembuhkan dalam waktu singkat adalah karena zat zat didalam msg telah berubah menjadi zat aditif dan mencemari darah.

Gangguan kulit yang dimaksud adalah timbulnya rasa gatal atau juga timbulnya ruam kemerahan pada kulit, selain itu bisa juga menyebabkan kulit kering sehingga mudah luka terluka saat tergores.

Kulit wajah jadi membengkak dan timbul nyeri pada permukaan kulit.

B. Jenis makanan yang banyak mengandung MSG

Terdapat anyak sekali jenis makanan yang menggunakan MSG ini sebagai penyrdp rasa.

Sekalipun mereka tahu bahayanya, maka hal ini masih saja dilakukan oleh pengusaha makanan yang tidak perduli keselamatan konsumen mereka.

Padahal menggunakan MSG ini sangat berbahaya, khususnya bahaya akan dampak buruk yang timbul dikemudian hari.

Makanan siap saji biasa juga dukanal dengan istilah "Makanan Sampah (Junk Food)"
 
Saat ini sudah menjamur diberbagai sudut kota, karena jenis makanan ini digemari karena rasanya yang gurih dan enak dan siap dihidangkan tanpa banyak menyita waktu.

Banyak orang yang bekerja diperkotaan cenderung disibukkan dengan berbagai aktivitas yangmenyita tenaga dan pikiran, sehingga tidak memiliki banyak waktu luang lagi untuk memasak

Merka cenderung memilih makanan siap saji yang mudah dipesan dan diantar tanpa memikirkan akibat yang akan ditimbulkan dimasa depan

Makanan  ini disebut denga istilah Junkfood karena merupakan makanan yang tidak memiliki kadar protein dan nutrisi sedikitpun.

Karena umumnya dibuat dengan proses goreng sehingga buruk bagi kesehatan.

Makanan junkfood ini banyak mengandung gula, Garam, Lemak jenuh dan zat Kimia yang bersifat adiktif (Candu) bagi banyak orang.

Oleh karena itu Junkfood selalu terlihat menarik dengan citarasa yang lezat, yang dimaksud makanan siap saji adalah : 
  • Ayam goreng tepung, 
  • Kentang goreng, 

B. Penjual Makanan Pinggir Jalan 

Olahan makanan umum seperti gorengan, Bakso, Mie ayam, Pangsit, Ketoprak, Somay dan lain lain hampir 90 persen memakai msg sebagi penguat rasa. 

Yang sangat disayangkan adalah masih banyak para penjual menggunakan takaran MSG diluar batas kewajaran.

Dimana tujuannya hanya satu yaitu mengubah citaraa makanan agar makanan yang disajikan bertambah enak, seperti 
  • Aneka Gorengan
  • Bakso.
  • Soto.
  • Mie Ayam.
  • Dll

C. Makanan Instan

Makanan yang dijual bebas di berbagai pusat perbelanjaan seperti pasar tradisional, Mini market hingga supermarket tidak luput dari produk-produk yang mengandung MSG ini

Dan umumnya makanan disana telah diolah dan dikemas dalam bentuk makanan kemasan.

Makanan ini biasa juga disebut sebagai Makanan instan banyak yang menggunakan standar msg yang cukup tinggi guna memperkuat citarasanya dalam jangka panjang. 

Untuk meminimalisir bahaya msg bagi kesehatan tubuh seharusnya masyarakat lebih cerdas dalam mengkonsumsi makanan instant, yaitu tidak berlebihan dan tidak sering. Makanan instan yang dimaksud adalah :
  • Mie Instant, 
  • Nugget instant, 
  • Sosis instant, 
  • berbagai macam jenis kornet, 
  • Chicken nugget instant 
  • dan sebagainya.
Untuk itu diperlukan wawasan dan informasi yang memadai untuk menghindari dampak buruk makanan yang mengandung MSG ini.

Karena besar kecilnya jumlah yang Anda konsumsi, cepat atau lambat dapat mengganggi kesehatan Anda secara pasti.

Semoga Bermanfaat.  

No comments

Powered by Blogger.