google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 10 KELEBIHAN UNIK LATIHAN TRX DARIPADA ALAT LATIHAN BEBAN FUNGSIONAL LAIN - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

10 KELEBIHAN UNIK LATIHAN TRX DARIPADA ALAT LATIHAN BEBAN FUNGSIONAL LAIN

Bagaimana 10 Kelebihan Unik Latihan TRX daripada Alat Latihan Beban Fungsional Lain ?

Gambar 1. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX.
Bagi Anda penggemar olahraga Fitness pasti sudah tidak asing lagi dengan alat latihan functional training yang bernama TRX ini, alat ini sudah banyak digunakan hampir disemua Gym modern di Indonesia.

Lat yang memiliki nama panjang "Total Body Resistance Exercise (TRX)' ini dikenal sangat digemari oleh kalangan dunia Fitness sebagai alat latihan yang multi fungsi, karena mmemiliki banyak keunggulang yang tidak dimiliki oleh peralatan Fitness lain pada umumnya.

Alat ini merupakan perpaduan resistan Training (Latihan Ketahanan) yang dipadu dengan pola latihan gerakan otot multy fungsi (Functional Muscular Motion), dimana perpaduan ini akan menciptakan level baru dalam latihan fitness pada umumnya.

10 Kelebihan Unik Latihan TRX daripada Alat Latihan Fungsional Lain

Alat unik yang bernama TRX ini ternyata dikenal memiliki berbagai Level dan Pola latihan yang unik, dimana setiap Level dan Pola latihan tersebut dapat di gunakan untuk berbagai target latihan dan memiliki manfaat yang strategis dan bermanfaat bagi penggemar olahraga beban di Tanah Air. 

Oleh karena kelebihan itu maka tentu menjadikan alat ini sebagai alat yang cukup di gemari dan digunakan diberbagai Gym maupun sanggar fitness, bahkan ada senam beban yang menggunakan TRX sebagai alat utamanya, semua kelebihan alat ini antara lain adalah : 

1. Alat Terapi Cidera Punggung dan Bahu.

Gambar 2. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX sebagai Alat terapi Cidera Punggung dan Bahu.
Banyak orang yang berlatih di Gym yang tidak memahami standar keamanan latihan fitness dan pada akhirnya mengalami cidera akibat kesalahan mereka sendiri, salah satu masalah cidera yang sering dialami warga Fitness adalah masalah cidera punggung.

Cidera otot punggung dan bahu merupakan masalah yang cukup beresiko dan berbahaya bila tidak segera ditangani, penanganan yang paling aman dan banyak dianjurkan banyak ahli olahraga adalah latihan peregangan 


Gambar 3. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX untuk latihan Streching
Salah satunya adalah dengan menggunakan alat latihan beban functional ini, pada saat Anda menarik tali pegangan pada alat ini, maka otot punggung dan bahu Anda akan berkontraksi dan memanjang.

Dalam kondisi seperti ini, maka tekanan yang terjadi akan  merileksasi bagian otot besar pada bagian punggung, seperti Trapesius, Romboid dan latisimus Dorssi. semua otot punggung bagian atas ini akan tertarik dan menghasilkan sensasi tekanan yang melegaka yang dibutuhkan untuk melepas ketegangan otot punggung juga punggung bagian bawah (Lower Back Muscle) Anda.

Dan pada saat Anda tarik TRX ini kembali maka hal ini akan memberikan tekanan yang besar pada punggung kita yang akan membuat otot punggung Anda secara umum akan ikut tertarik dan meregang.

2. Salah Satu Alat Latihan Keseimbangan.


Gambar 4. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX untuk latihan Keseimbangan
Selain masalah cidera akibat aktiftas olahraga, banyak orang yang mengalami cidera akibat tekanan yang tidak seimbang akibat perilaku dan kebiasaan mereka sehari - hari, tubuh kita seharusnya diberikan tekanan atau beban yang seimbang setiap saat agar tidak mengganggu kinerja keseimbangan tubuh.


Hal ini dapat dimaklumi karena memang manusia memiliki kebiasaan yang sangat beragam yang sering mereka lakukan tanpa sadar, misalnya saat bembawa tas sekolah atau tas kerja, umumnya orang akan membawa tas tersebut hanya pada salah satu bagian pundak saja dan tidak akan merubah posisisnya saat mereka pergi sekolah atau kerja keesokan harinya. 

Namun karena aktifitas sehari - hari yang dilakukan hanya menggunakan satu sisi saja seperti lebih banyak tekanan dibagian kanan atau kiri tubuh kita saja dalam waktu yang lama bahkan hingga bertahun-tahun lamanya sehingga dapat menyebabkan pergeseran yang radikal pada struktur dasar pondasi tubuh.


Gamba 5. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX memperbaiki ketidak seimbangan tubuh.
Sama halnya dengan menara Pisa di Italia, dimana kemiringan yang terjadi adalah akibat salah satu bagian pondasinya memiliki struktur yang lemah sehingga karena berat masa bangunan yang berbobot besar yang menyebabkan terjadinya kemiringan yang radikal tersebut.

Sebagai akibatnbya pada tubuh manusia yang tidak memiliki keseimbangan tubuh yang baik, maka banyak orang yang memiliki masalah dengan otot kaku, keram bahkan hingga masalah Syaraf Terjepit (Slip Disc).


Gambar 6. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX untuk Latihan Twister. 
Terapi yang bisa Anda coba lakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat masalah tersebut salah satunya adalah dengan mengguanakan terapi latihan dengan menggunakan alat latihan TRX ini, namun latihan ini harus dilakukan secara bertahap dan ekstra hati-hati, karena 

Namun latihan ini harus dilakukan dengan pengawasan yang ketat dari ahli olahraga seperti seorang personal trainer, karena dalam pengawasan ini maka gerakan yang dapat Anda lakukan akan lebih teroganisir dengan baik dan dalam batas gerakan yang aman tidak berlebihan.

3. Menggerakkan lebih banyak Otot Sekunder

Gambar 7. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX menggerakkan lebih banyak Otot Sekunder
Otot Primer utama adalah otot utama tubuh yang memiliki ukuran besar dan memiliki tugas atau fungsi gerak yang paling berat seperti mengangkat, mendorong, membuka atau menutup, contohnya adalah otot Bicep, otot Tricep atau otot Deltoid, karena bentuknya yang besar maka otot ini dikenal memiliki kekuatan yang sangat besar, tebal dan tidak mudah rusak (cidera).

Hal ini berbeda dengan otot sekunder tubuh kita yang memiliki tugas yang berbeda dari otot utama kita, otot ini bertugas pada umumnya selain mendukung kinerja otot utama juga memiliki tugas lain seperti memutar gerakan berputar atau gerakan yang tidak lazim.

Terletak dibagian terdalam tubuh kita dan berbentuk kecil dan berada di lapisan dalam pada bagian otot primer, misalkan otot Spinatus atau otot Infraspinatus, kekutan otot sekunder yang mendukung kinerja oto primer menjadi sangat vital, bila otot ini lemah maka bentuknya akan mengecil dan mudah sobek, pada bagian inilah Anda akan merasakan sakit yang luar biasa pada saat Anda terkilir dan cidera.

Untuk menguatkan bagian otot sekunder ini Anda dapat menggunakan latihan dengan menggunakan alat TRX ini, karena latihan dengan menggunakan alat ini berarti Anda menggunakan pola keseimbanagan total (Total Balance), yaitu konsep dimana keseimbangan otot tubuh kita ditantang untuk bekerja secara maksimal.

4. Mmembakar lemak dalam waktu yang cepat.

Gambar 8. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX untuk membakar lemak banyak dalam waktu cepat.. 
Dengan pola latihan Total Balance tersebut maka tentu jumlah otot yang bekerja akan semakin banyak dan hal ini tentu  dapat menyebabkan pembakaran kalori dalam jumlah yang sangat besar, akibat aktifnya otot sekunder pada saat Anda sedang melatih otot primer Anda.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan karena kelebihan berat badan dan  ingin membakar lemak secara maksimal, maka cobalah latihan ini, seiring dengan waktu disaat level latihan Anda semakin meningkat, maka lemak yang tadinya menutupi tubuh Anda akan menghilang.

5. Mengatasi Masalah Cidera Otot.
Gambar 9. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX mengatasi maslah Cidera.
Bila Anda melatih otot primer dan sekunder Anda sekaligus maka kemungkinan cidera yang bisa Anda alami di Gym akan semakin sedikit, karena dengan latihan yang intensif di level latihan yang tinggi maka semua otot anda akan semakin kuat dalam melindungi setiap gerakan Anda. 

Ya latihan TRX ini terbukti secara ilmiah dapat mengurangi resiko cidera otot yang mungkin dapat dialami oleh otot sekunder, saat Anda melakukan gerakan latihan, atau gerakan pekerjaan sehari - hari yang sedikit ekstrim.

6. Memiliki Banyak Variasi Gerakan untuk Latihan Otot.

Gambar 10. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX banyak Variasi Gerakan.
Bagi Anda yang baru pertama kali mengikuti pola latihan dengan menggunakan alat ini, maka Anda akan banyak mengalami berbagai kesulitan pada awalnya dengan kondisi kurang seimbang dan umumnya trainer Anda hanya akan memberikan pola latihan yang mudah dan sederhana.

Namun berbeda situasinya dengan orang yang sudah sering kali menggunakan alat latihan TRX ini, mereka tidak pernah merasa bosan dengan pola latihan yang ada pada TRX ini, banyak sekali jenis latihan yang dapat dipergunakan. 

5. Ringan mudah dipindahkan dan Praktis saat digunakan.


Gambar 11. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX ringan dan mudah dipindahkan.

Keuntungan lain yang sangat bermanfaat bagi kita dari alat TRX ini adalah bentuknya yang kecil, sehingga sangat memudahkan bagi kita untuk membawanya dan dapat dengan mudah dimanapun Anda berada

Dibandingkan dengan mengguanakan alat fitness lainnya yang memiliki bentuk yang besar, memiliki bobot yang berat sehingga agak sulit bila ingin kita bawa ke tempat tujuan kita dan agak sulit dalam hal penyimpanannya.

Alat ini sangat mudah dibawa karena bentuknya yang kecil, sehingga pas bila dimasukkan kedalan Tas senam Anda, bahkan bisa juga digunakan untuk ukuran tas senam yang kecil yang biasa digunakan untuk latihan diluar ruangan seperti latihan Bootcamp yang menggunakan alat TRX.

6. Level Kesulitan dapat disesuaikan dengan Kemampuan penggunanya.


Gambar 12. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX mudah disesuaikan.
Satu hal yang menjadi kelebihan paling istimewa dan khusus dari alat TRX ini adalah kemudahan tingkat beban latihan yang dirasakan oleh para penggunanya, seperti yang kita ketahui bahwa alat ini menggunakan massa badan tubuh kita sebagai beban pemberat dalam latihan ini.

Dalam hal ini beban latihan disesuaikan dengan tingkat kemiringan posiisi tubuh penggunanya maka sebagai hasilnya tekanan beban yang akan mereka rasakan akan semakin besar sehingga menyebabkan kinerja otot yang aktif akan semakin tinggi.

Situasi ini tentu sangat menguntungkan karena dengan demikian kita tinggal menggunakan perbedaan tingkat kemiringan tubuh kita sebagai penentu level beban latihan yang harus kita gunakan, semakin miring maka semakin berat.

7. Menggunakan Berat Massa Tubuh penggunanya sebagai Beban.


Gambar 12. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX menggunakan Massa Tubuh Pengguna.
Alat lain banyak yang menggunakan beban pemberat seperti dumbel, barbel sehingga membuat berat (bobotnya) meningkat dan untuk meningkatkan level latihan artinya anda harus menambah jumlah dumbel atau barbell yang harus dibawa ini sama dengan sangat tidak nyaman dan tidak praktis untuk dibawa latihan kemanapun.  

Dengan menggunakan tubuh kita sebagai beban latihan artinya efisiensi latihan akan selangkah lebih meningkat sehingga tentu semakin membuat latihan TRX ini memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki oleh alat latihan beban lainnnya. 

Hal ini yang banyak dlihat orang sebagai kelebihan yang unik karena dengan memisahkan antara peralatan yang akan digunakan dengan beban yang memilki bobot yang akan digunakan maka akan menciptakan efisiensi yang lebih baik yang sangat fleksibel bagi yang menggunakannya.


8. Dapat dijadikan sebagai Alat Senam.

Gambar 13. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX dapat dijadikan sebagai Alat Senam
Latihan dengan menggunakan alat TRX ini sangat populer saat ini, sehingga banyak pihak yang membuat alat ini sebagai media latihan senam beban, mereka memodifikasi penggunaan alat ini dan disesuaikan dengan level latihan yang akan dilakukan bersama-sama dengan menggunakan musik sebagai latar belakangnya.

Namun hal ini juga seharusnya juga di waspadai karena pengguna alat latihan TRX ini harus tetap menggunakan petunjuk pelatih senam yang berpengalaman, hal ini penting untuk diperhatikan karena penggunaan latihan TRX yang salah dapat beresiko fatal pada penggunanya, khususnya bagi pemula apalagi yang belum pernah menggunakan  alat ini sebelumnya, mereka bisa mengalami cidera yang serius pada bagian otot sekunder mereka.

9. Menantang dan disukai berbagi kalangan

Gambar 14. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX disukai berbagai kalangan. 
Latihan ini sangat menantang untuk dilakukan karena tidak biasa, unik dan memiliki tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan dengan mudah sehingga memiliki tingkat fleksibilitas yang paling tinggi.

Dengan melakukan gerakan yang berbeda dan unik maka otot kita memiliki kesempatan untuk berkembang lebih baik daripada hanya melakukan gerakan olahraga senam standar pada umumnya, melalui latihan TRX ini maka kemampuan motorik otot kita akan semakin meningkat seiring dengan terlatihnya oto promer dan sekunder kita.

10. Latihan terbaik pasukan khusus Amerika (Navy Seal).


Gambar 15. 10 Kelebihan Unik Latihan TRX latihan terbaik pasukan Khusus Amerika (Navy Sseal)
Bagi Anda yang menyukai film aksi laga (Action Movie) maka Anda pasti tidak akan heran lagi dengan aksi dan ketangguhan tentara yang digambarkan dlam film mereka, kemampuan tempur tentara Amerika ini diperoleh dari berbagai latihan yang harus mereka lakukan dalam pendidikan mereka disekolah ketentaraan.

Salah satu latihan wajib yang harus mereka lakukan adalah latihan beban dengan menggunakan alat TRX ini, hal ini wajar mengingat mereka tidak memiliki banyak pilihan dalam berlatih otot di lokasi yang sangat terbatas seperti dibarak militer yang terletak ditengah hutan atau padang pasir.

Bagi Anda yang ingin membentuk otot seperti tentara amerika atau bagi Anda yang belum pernah mencoba jenis latihan bergengsi ini maka Anda dapat lakukan latihan ini  dimanapuan Anda berada.

Selamat Mencoba .. !!!

No comments

Powered by Blogger.