google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 10 MANFAAT DAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN ALAT LATIHAN FITNESS BEBAN FUNGSIONAL UNTUK PEMULA - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

10 MANFAAT DAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN ALAT LATIHAN FITNESS BEBAN FUNGSIONAL UNTUK PEMULA

Seperti apa 10 Manfaat dan Keuntungan menggunakan Alat Latihan Fitness Beban Fungsional untuk Pemula ?


Kesehatan adalah pilar utama kehidupan bagi kita semua, hal ini membuat banyak orang yang saat ini sudah menyadari betapa pentingnya manfaat hidup sehat, namun tidak semua orang bisa memiliki pola hidup sehat yang mereka inginkan.

Contohnya bagi orang yang memiiki pekerjaan yang super sibuk, baik karena karier yang sedang di kejar atau bisnis yang sedang berkembang, kebanyakan dari mereka tentu tidak memiliki banyak waktu, karena mereka akan selalu sibuk dengan berbagai aktifitas usaha yang sedang mereka lakukan.

Hal ini tentu akan membuat pola hidup sehat menjadi sangat sulit dijalankan bagi mereka, jangankan untuk latihan beban atau latihan jogging, untuk menyempatkan diri berada dilokasi tempat latihan saja mereka tidak memiliki waktu.

Banyak yang memiliki masalah kesibukan ini yang berlangsung dalam waktu yang sangat lama, bahkan ada yang hingga mencapai waktu bulanan, bahkan banyak juga orang yang memiliki alasan yang sama hingga bertahun – tahun lamanya. 

Perlahan namun pasti, tanpa olahraga maka berat badan akan semakin meningkat seiring banyaknya makanan berlemak yang mereka konsumsi, hingga tanpa terasa bentuk tubuh mereka mengalami perubahan yang pasti semakin naik bukan turun. Hal ini tentu akan menjadi masalah bagi kesehatan mereka dikemudian hari.

Latihan Fungsional adalah Solusi Latihan Fitness bagi Anda yang Super Sibuk

Untuk itu maka kita memerlukan sebuah solusi yang paling efektif untuk menangani masalah kesibukan ini, dengan solusi ini diharapkan kita akan mendapatkan pola hidup sehat yang kita inginkan khususnya latihan Fitness yang kita kehendaki ditengah  kesibukan kita. 

Salah satu cara yang cukup efektif dalam mencapai bentuk tubuh ideal ditengah kesibukan yang Anda miliki tanpa menyita waktu dan sangat efektif untuk dilakukan adalah dengan menggunakan alat yang memiliki fleksibilitas yang tinggi yang dapat dipergunakan sesuai kebutuhan latihan fitness yang akan kita lakukan, saat ini alat itu sudah hadir dan bernama alat Latihan Fitness beban fungsional.

Alat Latihan Fitness beban fungsional adalah pola latihan dengan menggunakan sebuah alat yang memiliki berbagai fungsi dan manfaat, dengan adanya berbagai keuntungan dari menggunakan alat ini, maka penggunanya dapat mencapai target latihan sesuai dengan program latihan tanpa harus berada di Gym sama sekali, tanpa membayar lebih mahal dan bisa digunakan berulang-ulang, menarik bukan ?

Alat ini merupakan jenis alat latihan yang paling banyak direkomendasikan oleh semua ahli Fitness didunia, karena alat ini merupakan hasil pengembangan dan peneitian para ahli olahraga yang dilakukan dalam kurun waktu yang lama.

Namun perlu diketahui bahwa alat Latihan Fitness beban fungsional memiliki bentuk yang sangat beragam dan tentu saja hal ini membuat alat ini memiliki fungsi yang sangat beragam untuk berbagai macam kebutuhan latihan beban Fitness.

Karena alat ini memang diciptakan untuk beragam target latihan yang dibuat sedemikian rupa oleh para ahli olahraga dengan tujuan tertentu yang sangat spesifik, sehingga dalam penggunaannya dibutuhkan panduan seorang ahli Fitness yang berpengalaman dan hal ini akan saya bahas di artikel lainnya.

Alat ini merupakan penemuan yang paling modern dalam dunia olahraga khususnya dalam dunia Fitness dikenal memiliki manfaat yang sangat beragam, sehingga memiliki kuunggulan yang sangat banyak sekaligus juga bisa mewujudkan bentuk tubuh ideal yang kita inginkan khususnya bagi Anda yang super sibuk.

Maka bagi Anda yang tidak memiliki waktu maka alat Latihan Fitness beban fungsional ini merupakan solusi tepat yang sangat bermanfaat bagi Anda, untuk itu berikut ini adalah 10 kelebihan alat beban Fitness fungsional  yang tidak dimiliki alat beban Fitness lainnya, yaitu ;

1. Harga yang Murah Meriah.



Di zaman now yang serba mahal seperti sekarang ini, banyak pengeluaran yang harus kita batasi agar menjadi lebih efisien, termasuk soal soal pengeluaran untuk pembelian alat fitness, karena kita tidak ingin membeli produk yang hanya akan kita gunakan untuk sebulan penggunaan saja.

Namun merupakan alat latihan yang sangat bermanfaat hingga akan kita gunakan untuk sertahun-tahun lamanya, alat beban Fitness fungsional ini merupakan alat jenis alat Fitness sederhana yang tentu memiliki harga yang sangat terjangkau. 

Hal ini merupakan keuntungan yang sangat berguna bagi kita karena bila kita bandingkan dengan membeli alat Fitness lain yang jelas memiliki harga yang lebih mahal seperti mesin kardio seperti Treadmill atau alat latihan beban tradisional seperti Bench press, maka jelas pembelian alat beban Fitness fungsional jauh lebih murah dari kedua jenis alat Ftiness tersebut.

Maka dengan membeli alat ini Anda bisa berolahraga tanpa harus khawatir dengan harga yang mahal, sehingga anda dapat tetap melakukan latihan olahraga tanpa harus kehilangan uang dalam jumlah yang banyak.

2. Tidak menggunakan Listrik


Beban apa lagi yang sangat membebani rumah tangga ? Ya benar jawabannya sudah pasti adalah “Tagihan Listrik” semua orang termasuk Anda dan saya juga merasakan beban yang sama, bebna tagihan listrik adalah pengeluaran yang sangat tidak perludan tidak di inginkan oleh semua orang.

Ya memeang benar kita ingin hidup sehat, namun apakah juga harus dibebankan pada penggunaan alat Fitness ? Hal ini yang seharusnya menjadi perhatian kita, bahwa walaupun sedikit, namun penggunaan listrik pada alat fitness harus dapat kita batasi bahkan kalo bisa kita hilangkan sama sekali, pertanyaannya apa ada alat Fitness yang tidak mengguanakan listrik sama sekali ? 

Oh tentu ada ! Alat Latihan Fitness beban fungsional inilah jawabannya,  karena dengan menggunakan alat Latihan Fitness beban fungsional ini, maka sudah jelas Anda bisa menghemat tagihan listrik bulanan Anda, artinya kita dapat memperoleh kesehatan dan tubuh ideal tanpa beban biaya listrik yang berat lho .. !

Uang yang tadinya akan Anda gunakan untuk membayar tagihan listrik dari hasil penggunaan alat latihan Fitness sekarang dapat Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan lain yang lebih bermanfaat hal ini jelas sangat menyenangkan untuk diketahui bukan ?

3. Memiliki Bobot yang Ringan dan dapat dipindahkan kemanapun.



Bila Anda menyukai latihan pembentukan otot dengan menggunakan berbagai alat latihan beban tradisional seperti Bench Press, Latp Pull Down atau Sholder Machine, maka jelas Anda hanya bisa melakukan jenis latihan ini di satu tempat saja yaitu baik dirumah ataupun di Gym langganan Anda.

Bila kita lihat dari segi efisiensi maka hal ini jelas merugikan, lalu mengapa demikian ? Karena pada saat Anda tidak memiliki waktu untuk pulang lebih awal atau datang ke Gym favorit Anda untuk melakukan program latihan Fitness beban yang Anda sedang lakukan.
Maka masalah efesiensi ini artinya akan mengganggu program latihan tersebut secara keseluruhan, tidak hanya mengganggu bahkan masalah ini dapat mengakibatkan kegagalan pada program tersebut pada umumnya.

Alasan yang paling dasar yang membuat alat latihan beban tradisional menjadi sangat tidak efisien antara lain adalah berat (bobot)nya yang sangat berat, karena setiap alat tersebut dilengkapi dengan beban pemberat yang terbuat dari logam yang dicampur dengan unsur karet.

Hal ini ditambah lagi dengan pondasi utama alat yang terbuat dari besi yang kokoh ditambah lagi dengan bagian tempat duduk atau tempat berbaring bagi orang yang menggunakan alat latihan ini yang juga terbuat dari besi.

Semua bagian komponen dari alat latihan tradisonal inilah yang pada akhirnya menyebabkan bobot alat ini menjadi sangat berat dan tidak mudah untuk dipindahkan, bahkan banyak alat yang memerlukan tenaga hingga beberapa orang untuk dapat sekedar menggeser alat beban ini, sebab bila di geser atau dipindahkan dengan cara yang salah bisa mengakibatkan cidera otot serius atau bahkan kecelakaan yang fatal.

Untuk itu kita bagi Anda yang tidak memiliki waktu Anda jelas membutuhkan alat latihan yang memiliki fleksibilitas yang tinggi khususnya yang dapat dengan mudah unutk dipindahkan dan digunakan dimanapun kita berada.

Jawaban dari kebutuhan latihan ini adalah alat Latihan Fitness beban fungsional, alat ini dikenal memiliki mekabisme yang sangat sederhana dan dibuat dengan bahan yang ringan seperti karet, busa dan sedikit unsur besi, sehingga memiliki bobot yang sangat ringan sekali sehingga sangat mudah dipindahkan atau dibawa sesuai kebutuhan latihan yang sedang anda lakukan.

4. Mudah disimpan di tempat yang sempit dan kecil.



Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa peralatan Fitness tradisional memiliki masalah efisiensi, selain karena bobotnya yang sangat berat sehingga sulit unutk dipindahkan kelokasi latihan yang Anda inginkan, masalah lain yang ada adalah alat beban tersebut memiliki bentuk yang tidak kecil.

Ukuran alat ini yang besar tentu memerlukan ruang khusus yang cukup besar dalam penyimpanannya , sehingga bila kita tidak memiliki rumah atau ruangan latihan yang besar hal ini tentu akan menimbulkan masalah tersendiri, karena bisa menyebabkan ruang atau rumah Anda semakin sempit.

Untuk masalah itu Anda jelas memerlukan alat latihan beban Fitness yang memiliki ukuran yang kecil sehingga akan menjadi mudah untuk disimpan, khususnya bagi Anda yang ingin menggunaakannya di kantor di waktu senggang Anda.

Dengan bentu yang kecil maka alat ini akan dengan mudah untuk disisipkan diruangan yang Anda miliki, sehingga dapat digunakan kapanpun, khususnya bagi Anda sedang melakukan program latihan tertentu yang mengharuskan pola latihan berkala dalam kurun waktu tertentu tanpa adanya jeda (absen).

5. Melatih Lebih Banyak Otot



Bagi Anda yang super sibuk dan tidak memiliki banyak waktu, namun masih ingin memiliki bentuk tubuh ideal dengan menggunakan latihan Fitness beban maka efisiensi adalah segalanya, untuk itu akan mereka lebih memilih latihan yang sederhana sesuai dengan kebutuhan, namun memberikan hasil yang maksimal.  

Banyak orang yang menyangka menggunakan latihan Fitness dengan alat beban fungsional seperti latihan otot dada, kemudian latihan otot pundak, kemudian disusul 10 jenis latihan lain yang berbeda adalah latihan yang efisien, maka mereka pasti akan kecewa.

Karena latihan tradisional dikenal memiliki repetisi yang banyak dan harus dilakukan dengan jumlah set tertentu yang bila dijumlah dengan banyaknya otot yang harus dilatuh maka akan menghasilkan pola latihan setidaknya minimal 1,5 hingga 2 jam dan semua latihan ini tidak termasuk latihan pemanasan dan pendinginan.

Untuk itu maka para ahli kembali sibuk dalam penelitian ilmiah mereka berkaitan dengan  peningkatan efisiensi latihan fitness dan setelah sekian lama waktu bergulir maka lahirlah era penggunaan alat Latihan Fitness beban fungsional.

Dari hasil berbagai penelitian dan pengembangan latihan Fitness para ahli telah berhasil menciptakan jenis latihan yang sangup melatih beberapa bagian otot sekaligus dalam waktu yanng bersamaan dan dapat dilakukan oleh semua kalangan termasuk kalangan pemula.

Latihan ini bertujuan agar seseorang dapat melatih koordinasi lebih banyak otot dalam waktu yang bersamaan dengan berbagai gerakan fungsional seperti gerakan yang pada umumnya kita lakukan sehari-hari sehingga tercipta sinergi kinerja otot yang harmonis dan maksimal. 

Hal ini tentu sangat berbeda bahkan sangat bertolak belakang dengan pola latihan yang menggunakan pola latihan beban Fitness dengan menggunakan alat beban tradisional yang telah kita bahas sebelumnya, latihan dengan alat Latihan Fitness beban fungsional ini jelas memiliki kelebihan yang tidak kita temukan pada alat beban tradisonal tersebut.

6. Menghemat Waktu



Dengan adanya pola latihan beban yang dapat secara langsung melatih beberapa otot dalam waktu yang bersaaan ini maka hal tersebut tentu secara otomatis menciptakan efisiensi yang lain yang secara tidak langsung akan menguntungkan penggunannya, yaitu efisiensi dalam durasi penggunaan waktu latihan itu sendiri.

Efisiensi ini jelas lebih baik dan lebih menguntungkan daripada penggunaan pola latihan beban tradisional, yang umumnya dinilai sangat kaku karena tidak mudah dipindahkan dan hanya berfokus untuk melatih bagian otot besar dalam jangka waktu tertentu dan bukan secara keseluruhan.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu maka latihan dengan mengguanakan alat ini tentu akan sangat menguntungkan dari segi manfaat latihan otot dan tepat sasaran, dengan menggunakan program latihan yang dirancang sedemikian rupa, maka latihan fungsional akan membuat latihan beban menjadi sangat efisien disisi waktu.

Karena unutk mencapai target latihan beban yang efektif minimal latihan ini hanya membutuhkan waktu maksimal dibawah 1,5 jam saja dan itupun sudah berikut dengan latihan pemanasan yang dimodifikasi termasuk juga dengan latihan pendinginan yang setidaknya membutuhkan waktu hingga 15 menit.

7. Perawatan yang sangat mudah



Biaya lain yang dapat merugikan seseorang secara finansil yang memiliki alat fitness adalah adanya biaya perawatan, seperti yang kita ketahui bahawa alat beban tradisional memiliki komponen yang terbuat dari besi dan sebagian juga memiliki mekanisme gerak yang cukup kompleks tentu sangat beresiko mengalami masalah dengan karat.

Perawatan dengan penggunaan zat anti karat adalah sebuah hal yang harus dilakukan bagi pemilik alat beban ini, karena alat yang sudah berkarat pada bagian tertentu tentu artinya akan merusak seluruh bagian komponen gerak alat beban tersebut secara keseluruhan sehingga biaya pembelian zat anti karat ini tentu bisa membebani pengguna alat ini dan bisa merugikan secara finansial.

Selain  itu bila alat ini rusak maka pemiliknya akan dikenakan biaya perbaikan yang tidak murah dan apabila ditemukan bagiak komponen alat yang rusak maka mereka akan dikenakan beban biaya  pergantian komponen (sparepart) alat yang bisa lebih mahal dari biata perbaikan.

Hal ini tentu berbeda dengan penggunaan alat Latihan Fitness beban fungsional yang memang dikenal sangat sederhana dan tidak memuliki kompenen gerak apapun, sehingga akan bebas dari adanya beban biaya perawatan, beban biaya perbaikan yang mahal bahakan juga terbebas dari beban biaya pergantian komponen yang juga sangat mahal.

Perawatan alat Latihan Fitness beban fungsional juga terkenal sangat sederhana, perawatan yang diperlukan hanya cukup mengelap alat tersebut setelah  menggunakannya dengan lap yang sedikit basah agar keringat yang melekat dapat segera hilang.

Terakhir letakkan peralatan tersebut ditempat yang tidak lembab dan sejuk atau hindarkan dari sinar matahari secara langsung, bila anda lakukan kedua hal ini alat yang sangat sederhana ini akan dapat bertahan hingga bertahun-taun  lamanya tanpa mengalami kerusakan yang berart samasekali. 

8. Investasi yang Tahan Lama



Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa bahan plastik adalah bahan yang dikenal memiliki umur yang sangat panjang, diperlukan waktu hingga 70 tahun bagi bahan plastik untuk dapat berubah dari unsur kimia dan mengalami kerusakan.

Alat Latihan Fitness beban fungsional umumnya dibuat atau dilapisi oleh bahan yang terbuat dari plastik, sehingga akan membuat alat ini secara ototmatis memiliki usia yang panjang pula, dengan demikian hal ini tentu akan dinilai sangat efisien dari sisi ekonomis dan investasi yang bermanfaat.

Bahan besi yang biasa diguanakan pada peralata fitness umumnya akan mudah berkarat bila tidak mendapat perhatian yang baik, hal iti tentu sangat berbaaeda dengan yang dibuat dari bahan plastik dimana sangat mudah untuk merawatnya.

9. Bisa dilakukan semua orang bahkan kalangan pemula.




Latihan dengan alat Latihan Fitness beban fungsional memiliki efisiensi lain yang bisa sangat bermanfaat bagi Anda, alat ini bisa digunakan bagi semua kalangan sekalipun bagi kalangan pemula, namun ada syarat yang harus dipenuhi oleh kalangan pemula terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui bahwa latihan tanpa opetunjuk bisa membahayakan untuk itu dalam latihan fungsional maka menggunakan petunjuk dan arahan seorang pelatih fitness berpengalaman akan menjadi hal yang sangat direkomendasikan.

Dengan demikian maka latihan fungsional akan semakin mudah untuk dilakukan dan aman bagi siapapun khususnya bagi kalangan pemula, maka cdengan arahan seorang instruktur latihan Fitness berpengalaman maka Anda bisa menciptakan latihan sederhana yang menyenangkan sekaligus aman unutk dilakukan. 

10. Bergengsi



Alat Latihan Fitness beban fungsional juga banyak dipilih oleh berbagai kalangan yang dikenal tidak memiliki banyak waktu seperti kalangan artis dan model, seperti yang Anda ketaui bahwa kalangan artis dan model yang banyak tampil di TV atau layar Film adalah selebriti yang menjadi pusat perhatian kalangan masyarakat.

Untuk itu mereka ditunutn oleh banyak pihak untuk selalu tetap dalam kondisi bentuk tubuh yang ideal tanpa terkecuali, terutama bagi mereka yang terikat kontrak kerja tertentu, maka unutk mencapai tubuh yang target ideal ini mereka diwajibkan untuk tetap latihan dimanapun mereka berada.

Maka unutk memenuhi konsdisi ini maka latihan dengan mengguanakan alat beban tradisional akan dinilai kurang efisien tidak sesuai dengan kondisi waktu yang mereka miliki, dalam hal ini hanya satu alat yang cocok untuk latihan mereka, ya benar alat Latihan Fitness beban fungsional adalah jawabannya.



Dengan menggunakan alat ini maka efesiensi latihan yang diharapkan dalam mencapai bentuk tubuh ideal tetap dapat tetap dicapai ditengah kesibukan mereka yang padat seperti pada saat syuting atau kegiatan lain yang berhubungan dengan publikasi mereka. 

Nah bagaimana dengan Anda ? Apakah Anda menyukai kelebihan ini, semoga informasi ini bisa membawa manfaat bagi Anda yang tidak memilki banyak waktu dalam mewujudkan bentuk tubuh ideal Anda.



Semoga Bermanfaat. 

No comments

Powered by Blogger.