google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html SEJARAH PENCIPTA SENAM ZUMBA DIDUNIA - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

SEJARAH PENCIPTA SENAM ZUMBA DIDUNIA

Bagaimana Sejarah Penemu Senam Zumba Didunia ?

Siapa Pencipta senam Zumba di Dunia ?

A. Senam Zumba

Bagi Anda penggemar senam Zumba di Indonesia, tentu olahraga ini tidak terdengar asing bagi Anda. Hampir disemua tempat latihan senam dan fitness atau yang biasa kita sebut dengan Gym mengadakan senam ini.

Olahraga satu ini juga merupakan olahraga yang sejenis olahraga Aerobik, karena seluruh gerakannya merupakan gerakan yang sebagian berasal dari gerakan Aerobik.

Dasar gerakan zumba adalah tarian dan senam aerobik sehingga masuk dalam kategori dance fitness. Zumba banyak digemari karena memiliki banyak keunggulan, seperti mampu membakar mengencangkan otot, disamping itu jenis musik dan tarian Zumba yang bernada menyenangkan ternyata dapat meningkatkan produksi hormon endorfin didalam tubuh, sehingga membakaran kalori lebih banyak 

B. Sejarah Pencipta Senam Zumba di Dunia

Alberto Beto Perez adalah pencipta Senam Zumba pertama kali

Senam Zumba pertama kali dilakukan oleh Alberto Beto Perez yang berasal dari Columbia, Amerika Selatan, (2001) dan saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat keseluruh belahan dunia.

Kata "Zumba" berasal dari bahasa Columbia, yang biasa disebut dengan "Zum-zum", yang artinya adalah "Gerak Cepat.

Sejarah Zumba bermula dengan situasi yang unik, dimana suatu hari Beto hendak mengajar senam aerobik, namun pada hari itu ternyata ia tidak membawa CD (Compact Disc) senam Aerobik yang biasa dilakukannya.

Namun ia tidak kehilangan akal, kemudian Beto berinisiatif untuk mengambil semua CD yang ada di mobilnya yang bergenre Latin, salsa, meringue, rumba, hingga reggaeton., kemudian Beto mencoba untuk membuat gerakan-gerakan senam yang dicampur dengan gerakan tarian latin ke dalam kelas aerobik tersebut. 

Dan setelah kelas senam tersebut berakhir, ternyata ia mendapatkan respon positif dari murid-muridnya, sejak itulah sejarah Zumba akhirnya tercipta dan kemudia Perez mematenkan kelas zumba ini pada tahun 2001. 

Sejak saat itu, zumba telah berkembang di 125 negara dan menjadi industri yang menyediakan latihan tari, pelatihan instruktur, game, juga pakaian zumba, jenis tari yang digunakanpun makin bervariasi diantaranya yaitu Samba, Cumbia, Merengue, Salsa, Reggae, Hip-hop, Mambo, Rumba, Flamenco, dan Calypso.   

Zumba populer tahun 2003 di Amerika dan diibawa ke Indonesia pada tahun 2009 , namun mulai diminati oleh masyarakat Indonesia baru sejak awal tahun 2012.

Tapi dalam lima tahun terakhir, genre musik internasional dan bollywood kerap disertakan. Bahkan, penyanyi internasional seperti Pitbull, Daddy Yankee, Wyclef menciptakan musik khusus untuk Zumba yang kini dipakai oleh banyak orang.

Tahun 1999

Setelah sukses di Kolombia, Beto membawa kelas tersebut ke Amerika Serikat, dan pada tahun 2001 dia didekati oleh pengusaha Alberto Perlman dan Alberto Aghion untuk menciptakan sebuah perusahaan global berdasarkan filosofi kebugarannya. Tiga pengusaha muda merek dagang kata Zumba® dan menetapkan tujuan untuk memperluas merek di seluruh dunia.

Tahun 2002

Perlman dan Aghion berhasil mendapatkan kesepakatan dengan perusahaan infomersial besar untuk meluncurkan konsep tersebut secara nasional sehingga menghasilkan ratusan ribu video di pasar A.S. 

Respons yang luar biasa menciptakan permintaan akan lebih banyak instruktur Zumba®, jadi Zumba Fitness® menciptakan program pelatihan instruktur untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Program ini sukses seketika. Pada bulan September 2006, ada ribuan instruktur Zumba® di seluruh dunia.

Tahun 2003

Zumba Fitness® bekerja sama dengan Kellogg Company untuk mengembangkan kampanye kebugaran untuk pasar Hispanik. Perusahaan Kellogg telah memperluas kampanye ke lima negara tambahan. Program Zumba® telah ditampilkan di jutaan kotak sereal Kellogg® Special K® di seluruh dunia.
  
Tahun 2004

Zumba Fitness® meluncurkan kampanye infomersial yang sukses di Spanyol untuk pasar Hispanik A.S. dan Amerika Latin, meningkatkan penjualan ke jutaan DVD di lebih dari 30 negara.

Tahun 2005

Permintaan meledak untuk instruktur Zumba® di seluruh negeri dan luar negeri memacu penciptaan Zumba Academy ™, divisi pendidikan Zumba Fitness. Dengan kepemimpinan terbaik dari tim koreografer profesional, pakar kebugaran dan spesialis pendidikan bersertifikat, 

Akademi Zumba telah meningkatkan standar dan menetapkan standar baru dalam program kebugaran, memastikan integritas, kualitas dan dedikasi tertinggi, dan tingkat tertinggi. Melebihi standar industri.

Zumba Fitness® dan Akademi Zumba telah sesuai dengan AFAA (Aerobics and Fitness Association of America), ACE (American Council on Exercise), IDEA (asosiasi profesional kebugaran terbesar di dunia), Pendidikan Kebugaran SCW, Can-Fit-Pro (Internasional Pameran Dagang dan Konferensi di Kanada), dan banyak rantai fasilitas dan organisasi kebugaran nasional dan internasional. 

Instruktur yang menyelesaikan Pelatihan Instruktur yang ditawarkan melalui Akademi Zumba juga memenuhi syarat untuk menerima kredit pendidikan berkelanjutan (KTK) untuk memenuhi persyaratan sertifikasi ulang dari banyak asosiasi ini.

Tahun 2007

Program Zumba® diluncurkan secara internasional dan saat ini menjangkau enam benua - Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Australia. Sekarang, seluruh dunia berpesta dengan irama menarik Zumba Fitness-Party ™!

Tahun 2008

Zumba Fitness® meluncurkan koleksi DVD ketiganya dengan pemimpin industri respon langsung, Guthy Renker. Kali ini, Zumba Fitness® telah menambahkan kejutan menarik seperti Zumba® Toning Sticks dan Zumba® LIVE! Bekerja.


C. Interview dengan Pencipta Senam Zumba di Dunia "Alberto Beto Perez".




Demikianlah Sejarah Pencipta senam Zumba di Dunia, semoga dapat memberikan pengetahuan dan inspirasi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan membentuk tubuh yang ideal.



Semoga Bermanfaat ..!!


No comments

Powered by Blogger.