google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 5 FAKTOR PENGHALANG DALAM MENJALANKAN POLA HIDUP SEHAT - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

5 FAKTOR PENGHALANG DALAM MENJALANKAN POLA HIDUP SEHAT

Apakah 5 Faktor penghalang dalam menjalankan pola hidup sehat ?

5 penghalang pola hidup sehat
Gambar 1. 5 Faktor penghalang menjalankan pola hidup sehat

Di Internet, TV, Koran dan berbagai media kita sering melihat slogan atau mendengar banyak orang berkata tentang "Pola Hidup Sehat", sejenak kita akan berfikir "Hmm, itu terdengar seperti ide yang bagus !" lalu banyak orang yang secara spontan kita akan berusaha untuk mencapainya, namun lebih banyak orang yang mengabaikannya. 


Sangat sedikit jumlah orang yang berhasil melakukan dan bertahan dengan Pola Hidup Sehat yang mereka lakukan, banyak yang gagal dan menyerah di tengah jalan dalam usaha mencapai Pola Hidup Sehat,

Lalu mengapa demikian ? Mengapa banyak orang yang gagal dalam program ini ? Hal ini terjadi akibat mereka kurang menyadari bahwa banyak halangan yang rintangan yang akan menghalangi untuk mencapai tujuan tersebut diantaranya adalah ;

5 Faktor Penghalang Menjalankan Pola Hidup Sehat

Semua orang memiliki masalanya masing-masing dalam menjalankan program pola hidup sehat, banyak yang patah semangat dan menyerah sebelum mencapai batas akhir program ini, hal ini terjadi karena berbagai perbedaan latar belakang semua orang.

Maka untuk menghadapi hal itu sebaiknya kita mulai mengenal halangan tersebut satu persatu, agar kita dapat lebih mudah mengatasinya, halangan tersebut diantaranya adalah :


1. Jadwal Kerja yang padat.

5 penghalang pola hidup sehat
Gambar 2. Jadwal Kerja yang padat.

Perekonomian dan pemenuhan kebutuhan hidup membuat kita semua berlomba dalam kesibukan dan pekerjaan yang kita tekuni, hal ini membuat waktu yang kita miliki menjadi sangat terbatas, 

Ada kalanya bahkan tidak cukup untuk kita sendiri, maka tidaklah mengherankan apabila kita sering mendengar orang yang tidak pernah berolah raga karena "Tidak memiliki waktu".

Namun bagi sebagian orang hal ini mudah untuk diatasi dengan mulai memikirkan dan memahami alasan - alasan yang berguna bagi kita tentang "Mengapa kita harus berolah raga?" 

Yang telah kami bahas pada artikel kami yang berjudul " Investasi Kesehatan " yang dapat menghalangi usaha kita.

Oleh sebab itu mulailah "Menginvestasikan" waktu kita sebanyak 3 jam dari yang berjumlah 168 jam dalam seminggu untuk mulai berolahraga, 

Sebab apabila kita tetap mau melakukannya maka hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik yang berakibat baik.


2. Rasa Kurang Percaya diri dan Motivasi.

5 penghalang pola hidup sehat
Gambar 3. Rasa Kurang Percaya Diri

Seseorang yang memiliki masalah berat badan seperti "terlalu kurus" atau "terlalu gemuk", akan selalu dihantui perasaan negatif

Hal ini terjadi karena mereka sering memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan dari teman atau keluarga, 

Dimana mereka akan sering mengalami hinaan, cemoohan dari orang disekitar mereka dan kondisi ini biasanya terjadi dalam kurun waktu hingga bertahun - tahun lamanya.

Orang yang mengalami hal ini untuk jangka waktu yang lama cenderung akan mengalami berbagai perubahan perilaku dan psikologis.

Umumnya mereka akan  menjadi "Orang yang tidak percaya diri, cenderung tertutup dari pergaulan dan berfikiran negatif akan tubuh mereka".

Jadi banyak orang yang sudah mengalami masalah psikologis ini jauh sebelum memulai Pola Hidup Sehat.

Hal ini bisa menjadi alasan mengapa banyak orang menjadi malas berolah raga atau malas makan makanan sehat.

Solusi : Untuk itu dibutuhkan bantuan profesional yang dapat mengubah pola pikir, membangun mental positif dan kepercayaan orang tersebut.

Karena bila kita bisa ubah sudut pandang dan persepsi orang tersebut maka Pola Hidup Sehat akkan mudah dilakukan.

Dan bila mereka setuju untuk memulai program ini, selalu berikan  semangat dan pujian yang tulus karena memang tidak meudah bagi mereka untuk bangkit setelah mengalami depresi selama bertahun-tahun lamanya.

Buat dirinya meyakini bahwa dengan melakukan program pola hidup sehat maka mereka akan memperoleh kembali rasa Hormat.

Penghargaan semua orang yang pada awalnya mencemooh mereka  selama ini seperti yang mereka harapkan..


3. Kurang Pengetahuan tentang Kesehatan.

5 penghalang pola hidup sehat
Gambar 4. Kurang Pengetahuan tentang Kesehatan

Pengetahuan yang kurang memadai pemahaman seputar kesehatan dan fitness juga merupakan hal yang umum dialami oleh seseorang., 

Hal tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran mereka dalam memahami pentingnya memiliki pengetahuan kesehatan,.

Disamping itu banyaknya informasi miring seputar esehatan juga turut mempersulit keadaan mereka.

Banyak diantars mereka yang belum bisa membedakan informasi yang ada apakah berasal dari "Mitos" yang berakar dari "Tradisi dan Adat Istiadat" 

Ataukah memang informasi yang kita dapatkan adalah "Informasi yang Ilmiah dan lolos uji klinis didunia Fitness dan Kesehatan".

Sebab manakala informasi tersebut tidak akurat maka akan terdapat salah pemahaman yang akan membuat kita memilih langkah yang salah dalam menjalankan program kesehatan.

Dan apakah informasi tersebut telah sesuai dengan target tujuan yang akan dicapai dan sesuai dengan kondisi dan keadaan kita, sebab sekalipun informasi yang kita dapatkan sudah sesuai dengan standar kesehatan, 

Karena bila kita melakukannya latihan tanpa lihat kondisi dan kemampuan, maka target yang ingin kita capai akan menjadi lebih beresiko dan berbahaya.

4. Masalah Biaya memulai Pola Hidup Sehat.

5 penghalang pola hidup sehat
Gambar 5. Masalah Biaya memulai Pola Hidup Sehat.

Alasan yang akan kami kemukakan berikut ini akan terdengar umum bagi kita yaitu "Mahalnya Biaya Fitness", hal ini tentunya akan terdengar sangat masuk akal saat kita   melakukan transaksi tersebut.

Namun hal yang luput kita fikirkan adalah ternyata jumlah biaya kita untuk bersenang - senang  baik yang berupa membeli barang mewah seperti barang Elektronik, Perhiasan, Kendaraan, Property Furniture hingga Investasi Bisnis dan

Bahkan  Asuransi kesehatan umumnya cenderung lebih kita dahulukan daripada membayar sebuah paket Fitness dipusat kebugaran.

Hal ini umum kita lakukan dan kita cenderung melupakan "Dampak Buruk" yang dapat terjadi apabila kita mengalami gangguan kesehatan.

Segala hal yang telah kita miliki seperti contoh diatas akan terasa tidak bermanfaat di saat kita terbaring lemah di Rumah Sakit akibat gangguan tersebut.

Oleh sebab itu maka utamakanlah menginvestasikan kesehatan tubuh kita dahulu sebelum menginvestasikan harta dan bisnis kita, 

Sebab bila kita sehat dan kuat maka kita dapat menukmati hidup yang lebih nyaman dan sejahtera.


5. Lingkungan yang Tidak mendukung


5 penghalang pola hidup sehat
Gambar 6. Lingkungan Yang Tidak Mendukung

Banyak orang yang mengalami kesulian dalam memulai pola hidup sehat akibat mereka memiliki lingkungan yang tidak sehat, 

Hal ini bisa saja terjadi, naik dari keluarga yang tidak sehat atau teman yang memiliki pola hidup yang buruk

Baik karena mereka melakukan kebiasaan buruk mereka sengaja maupun tidak disengaja, namun satu yang pasti semua dapat mempengaruhi usaha kita untuk menjadi sehat.


Dukunganlah yang kita butuhkan, baik dengan kata - kata semangat maupun dengan tidak memperlihatkan sikap yang tidak sejalan dengan program diet yang sedang berlangsung.


Dengan demikian maka seseorang akan dapat menjalani Pola Hidup Sehat yang diinginkannya dengan mudah tanpa halangan yang berarti.




Semoga Bermanfaat ... !!

Video Makna Kesehatan Anda


Semoga memberikan Insppirasi

No comments

Powered by Blogger.