google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html 8 MANFAAT MEMAKAI SPORTS BRA DALAM OLAHRAGA DAN LATIHAN FITNESS BAGi WANITA - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

8 MANFAAT MEMAKAI SPORTS BRA DALAM OLAHRAGA DAN LATIHAN FITNESS BAGi WANITA

Apa 8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Olahraga dan Latihan Fitness Bagi Wanita ?

8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Latihan Fitness Bagi Wanita
Gambar 1. Memakai Sports Bra Dalam Olahraga.

Wanita mana yang tidak ingin memiliki payudara yang menarik ? Besar, kokoh dan indah, semua wanita pasti menginginkannya.

Salah satu upaya untuk mendapatkan bentuk Payudara yanb ideal itu adalah dengan menggunakan penyangga atau yang biasa kita sebut dengan Bra.

Dengan berkembangnya Industri Fashion seperti saat ini, maka banyak tercipta berbagai jenis pakaian dalam wanita dalam berbaagai bentuk dan telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Salah satunya adalah Sports Bra, jenis bra ini merupakan jenis bra yang biasa dipergunakan pasa saat mereka berolahraga.

Namun walaupun demikian, ternyata masih banyak wanita yang tidak menggunakan jenis Bra ini, khususnya  pada saat mereka berolahraga.

Baik karena mereka tidak memahami fingsi dan manfaatnya atau karena mahal harganya, maupun juga karena mereka tidak terlalu membutuhkannya.


8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Olahraga dan Latihan Fitness Bagi Wanita ?

8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Latihan Fitness Bagi Wanita
Gambar 2. Latihan dengan Sports Bra.

Padahal terdapat banyak fungsi dan manfaat yang akan mereka dapatkan dengan menggunakan Sports Bra, khususnya pada saat mereka berolahraga.

Oleh karena itu berikut ini adalah 10 manfaat memakai Sports Bra dalam olahraga dan latihan Fitness bagi wanita, yaitu :


1. Mampu Meredam Goncangan Payudara (Bounce Breast) akibat Gerakan Olahraga.

8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Latihan Fitness Bagi Wanita
Gambar 3. Meredam Goncangan Payudara (Bounce Breast) 
Akibat Gerakan Olahraga.

Saat berolahraga, terutama olahraga yang memiliki gerakan yang cukup radikal dan dilakukan berulang, seperti lompat tali atau joging, 

Gerakan olehraga seringkali menimbulkan goncangan, kondisi akan membuat payudara wanita akan terasa sakit dan tidak nyaman.

Maka oleh karena itu kaum wanita memerlukan alat yang dapat meredam goncangan yang terjadi saat sedang berolahraga.

Karena dengan berkurangnya goncangan yang tejadi saat mereka berolahraga, hal ini tentu memberikan keuntungan bagi mereka.

Dengan berkurangnya goncangan, maka mereka lebih bebas dalam bergerak dan konsentrasi mereka bisa mencapai maksimal.


2. Mengurangi Rasa sakit dan Nyeri akibat Guncangan.

8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Latihan Fitness Bagi Wanita
Gambar 4. Mengurangi Rasa sakit dan Nyeri akibat Guncangan.

Gerakan olahraga yang ekstrim akan memberi guncangan kuat pada payudara dan bkan hal aneh jika bisa menimbulkan rasa sakit atau nyeri.

Perlu diketahui dulu bahwa secara alami, payudara tidak memiliki penyangga yang baik. Payudara terdiri atas jaringan susu, jaringan lemak, dan ditopang oleh kulit serta ligamen.

“Berdasarkan penelitian, payudara akan bergerak membentuk angka delapan saat berlari. Tidak hanya bergerak naik turun, tetapi juga menyamping ke kanan kiri. Bahkan, payudara dapat bergerak hingga 10 sentimeter saat berlari.

Gerakan yang cukup heboh itu akan menyebabkan tarikan pada jaringan penyokong payudara sehingga menimbulkan nyeri, terutama bagi Anda yang memiliki payudara besar.

Sementara itu, dikutip dari Lifealth.com, rasa sakit juga biasanya timbul ketika bra konvensional tidak memberikan ruang yang cukup untuk gerakan payudara. 

Dengan menggunakan Sports bra yang ukurannya benar-benar sesuai, payudara Anda memiliki ruang yang cukup untuk bergerak, tapi tetap bisa menopang dengan baik sehingga tidak menimbulkan nyeri.


3 Mampu Menopang Penuh Bentuk Payudara Wanita dan agar tidak kendur 

8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Latihan Fitness Bagi Wanita
Gambar 5. Mampu Menopang Penuh Bentuk Payudara Wanita dan agar tidak kendur.

Gerakan olahraga yang radikal yang dilakukan kaum wanita juga beresiko merusak jaringan ligamen yang terdapat pada kelenjar susu dipayudara mereka. 

Gerakan olahraga dapat mengurangi elastisitas daripada payudara itu sendiri, maka untuk itu diperlukan jenis bra yang mampu menopang penuh bentuk payudara mereka.

Dengan menggunakan Sports bra, amka tentu akan sangat membantu menopang payudara agar tidak kendur, bahkan bentuknya justru akan menjadi kencang.

Hal ini karena adanya bahan Poliester CoolMax dan campuran Spandex Lycra yang memberi manfaat kelembaban dan elastisitas tinggi.

Dengan menggunakan Sports Bra maka anda akan merasakan jenis bra ini jauh lebih nyaman daripada jenis bra lain pada umumnya.

 

4. Menjaga Kesehatan Tulang Punggung


8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Latihan Fitness Bagi Wanita
Gambar 6. Menjaga Kesehatan Tulang Punggung.

Mungkin sebagian wanita pernah medengar kata 'Korset' Ya itu adalah jenis pakaian dalam wanita yang digunakan sejak dahulu.

Tujuannya hanya satu yaitu membentuk tubuh pemakainya agar terlihat lebih ramping dan tegap, hal ini dapat kita temukan pada Sports Bra

Dengan menggunakan Sports bra, pada dasarnya akan membuat otot punggung kita mengencang, karena bentuknya yang cukup keras maka akan membuat punggung menjadi lebih tegak.

Dan hal inilah yang pada akhirnya kemudian akan membuat bentuk tulang punggung anda akan menjadi lebih baik dan sehat.


5. Mampu Menjaga suhu tubuh agar selalu dingin. 

8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Latihan Fitness Bagi Wanita
Gambar 7. Mampu Menjaga suhu tubuh agar selalu dingin.

Sports Bra biasanya dibuat dari campuran antara bahan katun yang memiliki daya serap pada cairan yang tinggi dan bahan poliester yang lembut.

Perpaduan kedua bahan ini akan memberikan keuntungan berlipat yaitu lembut dikulit dan memiliki daya serap pada keringat yang cukup tinggi. 

Hal ini akan membantu menghilangkan keringat yang menyebabkan bau badan dan sekaligus membuat suhu tubuh Anda tetap dalam keadaan dingin.

6. Kemudahan, Efisien dan kecepatan dalam penggunaannya.

8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Latihan Fitness Bagi Wanita
Gambar 8. Kemudahan, Efisien dan kecepatan dalam penggunaannya.

Pada model Bra biasa, ada beberapa hal yang anda harus anda lakukan untuk membuat bra menjadi nyaman saat digunakan.

Pertama untuk menggunakan Bra bisas, maka Anda harus memasang pengaitnya terlebih dahulu dan mengatur posisi Bra agar sesuai dengan Payudara anda.

Kedua perlu menyetel knop pengatur panjang pendeknya tali Bra agar tidak kendur atau tidak terlalu ketat pada saat Bra digunakan.

Nah hal ini tidak perlu anda lakukan pada saat menggunakan Sports Bra karena Bra ini dapat beradaptasi dengan bentuk payudara anda.


7. Aman Dari Resiko dan Masalah Peredaran Darah

8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Latihan Fitness Bagi Wanita
Gambar 9. Aman Dari Resiko dan Masalah Peredaran Darah

Perbedaan yang mencolok pada Bra biasa dari Sports Bra pada umumnya memiliki bagian pengait dan penopang kawat

Dengan adanya bagian pengait dan penopang kawat ini, maka apabila terlalu ketat/ sempit bisa mengganggu sirkulasi darah.

Sports Bra tidak menggunakan bagian pengait dan penopang kawat, sehingga sangat aman untuk digunakan, sekalipun untuk beraktifitas sehari-hari. 

8. Kenyamanan Luar Biasa pada permukaan Kulit

8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Latihan Fitness Bagi Wanita
Gambar 10.  Kenyamanan Luar Biasa pada permukaan Kulit

Bra konvensional dibuat dengan menggunakan 'teknik cup' dengan tujuan untuk menopang dan membentuk payudara agar terlihat ideal, 

Maka Sports bra tidak demikian, karena memang khusus dibuat dan fokus pada kenyamanan tubuh penggunanya.

Tanpa adanya penyangga kawat, Sports bra dapat memberikan kenyamanan yang luar biasa kepada pengguna saat mengenakannya. 


5 Tips Memilih Sports Bra yang wajib anda ketahui

Jika anda sudah memahami fungsi, kelebihan dan manfaat Sport Bra, maka kini tiba saatnya bagi anda untuk memilih Sport Bra anda.

Luangkan waktu untuk mencari sports Bra yang anda perlukan untuk kegiatan olahraga anda, gunakan tips berikut ini ; 

  1. Pilihlah jenis model sports bra yang paling anda sukai.
  2. Perhatian jenis bahan dan ukuran yang tepat agar manfaatnya lebih terasa. 
  3. Cobalah beberapa model untuk mendapatkan bra yang benar-benar nyaman. 
  4. Lakukan gerakan sederhana seperti lompat atau berlari kecil dikamar ganti saat menilai kualitasnya.
  5. Pilih warna yang cocok dan senada dengan warna kulit anda.


Kesimpulan 

Demikianlah 8 Manfaat Memakai Sports Bra Dalam Olahraga dan Latihan Fitness Bagi Wanita, dan 5 tips Memilih Sports Bra yang wajib anda ketahui


Semoga bermanfaat


No comments

Powered by Blogger.