google-site-verification: google9596cf57e85908ef.html INGIN KUAT BELADIRI ? BERIKUT 5 CARA MENGUATKAN ALAT GERAK PASIF (TULANG) ANDA - POLA HIDUP SEHAT INDONESIA

Header Ads

Header ADS

INGIN KUAT BELADIRI ? BERIKUT 5 CARA MENGUATKAN ALAT GERAK PASIF (TULANG) ANDA

Ingin Kuat Beladiri ? Berikut 5 Cara Menguatkan Alat Gerak Pasif (Tulang) Anda

Gambar 1. Ingin Kuat Beladiri ? Berikut 5 Cara Menguatkan Alat Gerak Pasif (Tulang) Anda
Latihan beladiri adalah sebuah latihan yang ditujukan untuk membangun kemampuan kita dengan menggunakan segenap kemampuan fisik yang ada demi mempertahankan keselamatan dan melindungi diri sendiri dari semua ancaman.

Bagi Anda yang menyukai Beladiri, maka melatih kekuatan fisik merupakan menu wajib nomor satu yang harus dilakukan setiap kali Anda berlatih seni beladiri, bhakan latihan fisik ini akan anda lakukan jauh sebelum guru beladiri Anda memberikan pengarahan dan latihan soal teknik beladiri yang anda tekuni.


Apapun bidang beladiri yang Anda gemari, seperti Pencak Silat asal Indonesia, Karate dari negeri Sakura, Wing Chun dari China hingga Krav Maga dari Israel yang merupakan jenis seni beladiri yang mematikan dan  paling populer didunia, pasti diituntut untuk berlatih fisik terlebih dahulu.


Ratusan ribu hingga jutaan penggemar diseluruh dunia pasti yang menjadi penggemar seni beladiri didunia tentu memahami aturan dasar ini dan akan melaksanankan latiihan fisik sebagai dasar pembentuk tubuh, yang dilakukan sebelum melatih teknik dan kemampuan seni beladiri yang akan mereka lakuakan.


Dalam latihan fisik ini Anda akan dituntut untuk berlatih semaksimal mungkin dengan kemampuan Anda yang dapat Anda miliki, tujuannya hanya satu yaitu membuat Anda semakin kuat secara fisik dan semakin terampil dalam melakukan semua jurus yang Anda kuasai.

Anatomi Alat Pergerakan Pasif (Tulang) Anda

Gambar 2.Sakit Punggung  ? Berikut 5 Cara Menguatkan Alat Gerak Pasif (Tulang) Anda
Seperti yang kita telah ketahui bahwa terdapat 206 alat pergerakan pasif tubuh (tulang) yang ada dalam tubuh Anda saat ini, semua tulang ini memiliki berbagai ukuran, komposisi (struktur), bentuk dan pastinya fungsi yang berbeds satu dengan lainnya.

Ada yang keberadaannya berpasangan dan ada juga yang tunggal, semua tulang ini saliing berhubungan satu dengan yang lain membentuk berbagai mekanisme yang kompleks dan saling terkoordinasi dengan sempurna layaknya sebuah mesin yang besar.


Tidak ada pergerakan tulang yang akan berbenturan satu dengan lainnya, kecuali akibat terjadinya kesalahan pada saat pergerakan tulang yang salah arah (tidak sesuai) dengan anatomi mekanisme dasar dari tulang bagian tersebut.


Oleh karena itu harap Anda berhati-hati saat berlatih olahraga, agar semua jenis sambungan tulang yang berbeda satu sama lainnya ini tidak bergerak kearah yang tida seharusnya karena dapat menciderai persendian dan jaringan ikat (tendon) tulang Andayang dapat mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa. 

5 Manfaat Meningkatkan Kekuatan Alat Gerak pasif (Tulang) melaui Seni Beladiri.

Bagi orang yang gemar melakukan latihan beladiri, dengan melakukan berbagai pola gerakan latihan yang keras, maka mereka tentu akan berdampak pada kondisi tulang mereka.

Semua latihan ini lambat namun pasti akan memberikan berbagai manfaat yang sangat menguntungkan bagi perkembangan fisik Anda secara umum khususnya pada perkembangan tulang,


Dengan adanya berbagai manfaat ini, maka tubuh Anda akan semakin sehat dan dengan konstruksi tulang yang kuat ini maka kondisi tubuh Anda akan semakin baik dan menjadi lebih ideal, manfaat tersebut antara lain yaitu ;


1. Menjadi lebih tebal


Gambar 3. Menjadi lebih tebal kelebihan menguatkan alat gerak pasif (tulang) Anda
Bagi penggemar seni beladiri, semua latihan beladiri merupakan jenis latihan yang paling keras yang pernah mereka rasakan, karena bukan hanya latihan pemanasan saja yang harus mereka lakukan, namun mereka juga harus melakuan serangkaian latihan fisik lain yang cukup berat 

Salah satunya adalah latihan simulasi pertarungan dengan sesama peserta latihan seni beladiri lainnya, dengan simulasi ini 2 orang peserta latihan akan bertanding dan menguji kemampuan.


Dan dapat kita tebak hasilnnya, mereka akan menggunaan segenap kemampuan untuk saling melumpuhkan lawan dan dengan demikian maka otomatis tulang mereka akan saling berbenturan dengan keras.


Dapat meningkatkan ketebalan stuktur alat pergerakan pasif tubuh (tulang) Anda, sehingga dengan latihan dasar dan pemanasan yang baik maka kemampuan Anda dalam meredam berbagai benturan, baik saat Anda memukul atau menendang akan semakinmeningkat.


2. Lebih Aman dari Cidera


Gambar 4. Lebih Aman dari cisera kelebihan menguatkan alat gerak pasif (tulang) Anda
Cidera sering dialami seorang ahli beladiri, memang sebagian orang meihat cidera sebagai luka dalam yang dialami bagi mereka yang terkena pukulan atau tendangan, hal ini umum dalam seni beladiri, maka tidak heran jika tidak semua orang yang berani melakukan latihan ini.

Namun jangan khawatir model beladiri saat ini sudah disesuaikan dengan standar keamanan yang tinggi, bukan seperti zaman dulu dimana teknik beladiri dirancang khusus hanya untuk menghabisi lawan secepat mungkin.


Saat ini untuk latihan beladiri biasanya harus dilengkapai dengan alat keamanan, seperti sarrung tangan, bantalan lutut, dan peserta wajib mengikuti standar latihan yang aman dan dilarang melukai lawan, jadi sudah lebih aman dan tidak teralalu berbahaya.



3. Meminimalisir rasa Sakit

Gambar 5. Meminimalisir Rasa Sakit kelebihan menguatkan alat gerak pasif (tulang) Anda
Bila ada yang paling dihindari dalam seni beladiri selain kekalahan pasti adalah rasa sakit, semua orang pasti akan berusaha untuk menghindarinya, hal ini wajar karena banyak orang yang memang tidak menyukai rasa sakit yang mereka rasakan saat terjadi benturan mauoun saat ada serangan yang mengenai sasaran..

Hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan latihan unutk mengeraskan tulang yang didapat dari berbagai latihan khusus, mungkin pada awalnya akan terlihat sangat ekstrim, namaun jika sudah dilakukan maka akana menjadi hal yang biasa. 


Dengan latihan ini maka kekuatan komposisi tulang Anda akan semakin berkembang sehingga tubuh Anda akan mampu meminimalisir kemunginan cidera yang bisa terjadi dalam latihan beladiri.


4. Pencegahan Dini Masalah Tulang


Gambar 6. Pencegahan Dini Masalah Tulang kelebihan menguatkan alat gerak pasif (tulang) Anda
Manfaat tambahan lain adalah Anda bisa terhindar dari berbagai yang masalah tulang, yang banyak dialami orang pada masa tua seperti Osteoporosis, Osteoartritis dan berbagai masalah tulang lainnya.

Dengan aktifnya tulang pada latihan beladiri sudah otomatis akan terjadi peningkatan komposisi dasar dan struktur tulang pada umumnya, hal ini mam0pu mencegah berbagai resiko penyakit tulang yang berbahaya tersebut.


Semakin lama masa latihan dilakukan maka perkembangan tulang akan semakin baik dan kuat, maka bila Anda ingin mencegah masalah tulang segera lakukan latihan fisik yang Anda sukai.

5. Mengubah Struktur DNA & Genetik


Gambar 6 .Mengubah Struktur DNA & Genetik kelebihan menguatkan alat gerak pasif (tulang) Anda

Nah untuk menfaat yang ini tidak banyak orang yang mengetahui bahwa latihan yang keras akan mengubah sifat dan menimbulkan reaksi terteentu pada struktur DNA dan Genertik kita.

Halini disebabkan karena pola latihan yang tinggi akan membuat simulasi sinyal otak yangmengatr semua reaksi kimia tubuh akan memiliki jejak rekam aktifitas kinerjanya yang akan selalu disimpan pada sifat bawaan genetik orang tersebut.


Sehingga  membuat dapat diturunkan pada generasi selanjutnya, bila sang ahli beladiri tersebut memiliki anak maka anaknya akan mewarisisifat genrtik sang ayah atau Ibu, hal ini termasuk akan mewarisi kekuatan tulang mereka.

    3 Cara lain Meningkatkan kekuatan Alat Pergerakan Pasif (Tulang)

    Nah jika Anda sudah mengetahui berbagai manfaat yang akan kita dapatkan dari latihan beladiri yang sedang Anda lakukan, maka berikut ini adalah berbagai hal lain yang juga dapat menguatkan struktur tulang Anda.

    Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menguatkan struktur alat gerak pasif (tulang) kita selain dengan latihan beladiri, semua hal ini bisa Anda peroleh disekitar Anda, diantaranya adalah :


    1. Latihan Lari kecil (Jogging)

    Gambar 7. Latihan Jogging merupakan cara menguatkan alat gerak pasif (tulang) Anda
    Bila Anda menyukai lari pagi alias jogging, ketahuilah bahwa latihan jogging ternyata memiliki berbagai manfaat, selain bermanfaat untuk melatih kekuatan jantung dan paru-paru, ternuata latihan jogging juga sangat baik untuk menunjang kekuatan alat gerak pasif (tulang) Anda.
    Pada saat berlari maka yang terjadi adalah alat gerak pasih (tulang) Anda akan mengalami goncangan atau benturan pada ujung sambungan yang biasa kita sebut dengan persendian, maka dengan terjadinya benturan ini akn menyebabkan adanya tekanan yang besar yang dalam ilmu fisiologi dikatakan sebagai tekanan yang membengkokkan tulag atau disebut dengan "Bending Forced" (Inggris).


    Dengan adanya tekanan Bending Force ini maka otak akan membaca tekanan ini dan akan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel tulang untuk menciptakan lapisas tulang yang lebih banyak, maka semakin banyak jogging yang Anda lakukan maka semakin brkembang kekuatan alat gerak pasih (tulang) Anda.



    2. Latihan Kelenturan (Streching).



    Gambar 8. Latihan Strecching merupakan cara menguatkan alat gerak pasif (tulang) Anda
    Nah bagi Anda yang jarang melakukan streching alias latihan kelenturan, maka sebaiknya Anda melakukukan hal ini, karena streching bisa membuat tulang Anda lebih sehat, khususnya dibagian ujung tulang Anda yang biasa disebtu dengan persendian.

    Latihan streching yang Anda lakukan dapat menjadi solusi dalam mencegah masalah tulang yang bernama reumatik, dimana terjadi akibat adanya jarak yang terlalu dekat antara kedua belah tulang di persendian.



    3. Menghindari berbagai Zat Berbahaya


    Gambar 9. Menghindari berbagai at berbahaya merupakan cara menguatkan alat gerak pasif (tulang) Anda
    Hal pertama yang paling penting yang harus dihindari terlebih dahulu sebelum Anda melakukan hal lain adalah Anda wajib menghindari kontak dengan berbagai macam zat berbahaya yang mampu merusak tulang.

    Ternyata diluar sana banyak sekali zat yang berbahaya yang bisa merusak kekuatan tulang Anda,khususnya pada zat berbahaya yang Anda konsumsi sendiri, berbagai zat tersebut dapat menurunkan kadar kalsium bila dikonsumsi terlalu lama, seperti ;

    • Zat Nikotin Dalam Rokok.
    • Senyawa Hidrogen Floride pada minuman mineral dan berbagai pasta gigi.
    • Minuman Soda berkafein.


    4. Mengkonsumsi Makanan tinggi kalsium.


    Gambar 10. Mengkonsumsi makanan tinggi kalsium merupakan cara menguatkan alat gerak pasif (tulang) Anda
    Jika Anda ingin melakukan pencegahan dini pengeroposan tulang melalui konsumsi makanan sehat yang baik bagi tulang, maka Anda bisa mendapat berbagai manfaat lain, selain bagus buat tulang ternyata beberapa makanan juga dikenal memiliki kandungan gizi yang tinggi ;
    • Jeruk
    • Bayam
    • Kacang Mete
    • Kiwi
    • Ikan salmon
    • Biji labu
    • Papprika
    • Kalee
    • Timun
    • Brokoli
    • Dan lain sebgaianya

    5. Tidur yang cukup sekitar 6 - 7 jam sehari


    Gambar 11. Tidur yang cukup sekiytar 6 - 7 jam sehari merupakan cara menguatkan alat gerak pasif (tulang) Anda
    Nah ini juga sangat penting karena banyak sekali orang yang melalaikan masalah istirahat ini, mereka yang memiliki banyak kesibukan tinggi dan punya hobby internetan memahami hal ini, mereka rata - rata tidur hanya 3 - 4 jam saja dalam sehari.

    Hal ini tentu memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh terutama pada kesehatan dan kekuatan tulang mereka, bankan oran gyang masih tidak menyadari bahwa kebiasaan tidur larut malam bisa berbahaya dan mengancam kesehatan unutk jangka pajang.

    Masalahnya adalah Tulang manusia haya akan terbentuk pada saat kita tidur saja, bukan pada saat kita sadar, karena dalam kondisi tidur tubuh baru bisa memperbaiki kondisinya, baik memperbaiki kerusakan sel, membuang semua racun dalam tubuh dan mengeluarkan berbagai zat yang tdak lagi diperlukan seperti sel mati misalnya.

    Jika Anda mengurangi jatah tidur dari sebagaimana mestinya, maka tubuh tidak memiliki waktu yang cukup unutk melakukan semua proses ini dan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan kronis kelak, unutk itu tidur yang cukup wajib hukumnya bagi perkembangan tulang Anda.


    6. Mendapat Sinar Matahari yang cukup.


    Gambar 12. Mendapat Sianr Matahari yang cukup merupakan cara menguatkan alat gerak pasif (tulang) Anda
    Sama seperti kebayakan makhluk hidup yang lain, ternyata sinar matahari memiliki kelebihan yang baik untuk proses tumbuh kembang makhluk hidup, sinar ultraviolet yang ada bisa membantu pertumbuhan tulang Anda secara signifikan.

    Bahkan di bergbagai negara beriklim panas seperti Arab atau afrika atau kawasan tropis seprti Hawai misalnya dimana banyak orang yang terpapar sinar matahari, Anda akan menemukan banyak diantara mereka yang memiliki tulang tubuh yang besar dan komposisi yang keras.

    Maka jangan Anti sinar matahari, justru tubuh kita sangat memerlukan sinar ini unutk perkembangannya, Anda tidak perlu berjemur seharian, cukup beberapa jam saja maksimal sekitar jam 8.30, sebab matahari sudah panas saat itu dan terasa sangat tidak nyaman billa kita masih dilua ruangan.

    Demikianlah beragam cara yang daoat kita lakukan dalam menjaga kesehatan tulang kita, sebab sudah semestinya kita semua menyadari " Menghindari masalah akan lebih mudah daripada menanggung resiko masalah tersebut ", cuma kita yang dapat menjaga kesehatan kita, bukan dokter, Personal Trainer, atau Ahli gizi melainkan anda yang seharusnya menyadarinya sejak dini.

    Baca juga :




    Semoga bermanfaat .. !!

    No comments

    Powered by Blogger.